Jum'at, 19/04/2024 19:53 WIB

China Perkuat Upaya Pengendalian Polusi Lingkungan

China juga akan meningkatkan upaya untuk melindungi dan memulihkan ekosistem. Li meminta semua orang untuk bekerja bersama untuk menciptakan lingkungan yang indah dan kondusif.

Ilustrasi Dunia (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - Perdana Menteri China Li Keqiang pada sesi kedua Kongres Rakyat Nasional (NPC) ke-13 pada Selasa menyatakan, China akan memperkuat upaya untuk mencegah dan mengendalikan polusi dan meningkatkan perlindungan lingkungan.

Menurut Li, target besar telah dicapai dalam pertempuran Tiongkok untuk memastikan lingkungan yang lebih baik. Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah mengintensifkan upaya untuk mengurangi polusi udara, air dan tanah.

"Tahun ini, emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida akan dipotong tiga persen, dan akan ada penurunan terus menerus dalam kepadatan PM2.5 di bidang-bidang utama," kata Li, menambahkan bahwa polusi udara di dalam dan sekitar Beijing-Tianjin-Hebei wilayah, di Delta Sungai Yangtze, dan di daerah Dataran Sungai Fenhe-Weihe akan lebih lanjut ditertibkan dilansir CGTN, Rabu (06/03).

Li menambahkan, tindakan keras akan diambil untuk menangani tiga sumber utama polusi: produksi industri, batubara, dan kendaraan bermotor.

"Untuk mengendalikan pencemaran air dan tanah, penurunan dua persen dalam kebutuhan oksigen kimia dan emisi nitrogen amonia diharapkan tahun ini. Pekerjaan untuk membersihkan badan air yang terkontaminasi akan dipercepat," tuturnya.

"Daerah aliran sungai yang penting dan daerah lepas pantai akan dibersihkan. Juga, upaya pemilahan limbah padat dan pembuangan sampah kota akan ditingkatkan," tambahnya.

Li juga menyoroti tanggung jawab perusahaan sebagai aktor utama, dalam perlindungan lingkungan. Menurutnya, perusahaan harus diawasi sesuai dengan hukum dan peraturan, keprihatinan mereka yang dibenarkan harus diperhatikan, dan pemerintah akan memberikan bantuan dan bimbingan yang lebih baik.

"Pembangunan hijau adalah elemen penting dalam memodernisasi ekonomi dan juga solusi mendasar untuk polusi," kata Li, yang menekankan bahwa industri perlindungan lingkungan dan hijau harus diperkuat.

China akan mempercepat laju peningkatan daya termal, baja, dan industri lainnya, serta memberlakukan peningkatan di sektor-sektor yang berpolusi berat untuk mencapai kepatuhan terhadap standar.

Upaya lebih lanjut akan diambil pada penggunaan penuh energi bersih, pengembangan jaringan saluran pembuangan perkotaan dan fasilitas pengolahan, dan pembangunan bangunan ramah lingkungan.

China juga akan meningkatkan upaya untuk melindungi dan memulihkan ekosistem. Li meminta semua orang untuk bekerja bersama untuk menciptakan lingkungan yang indah dan kondusif.

KEYWORD :

Perlindungan Lingkungan China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :