Rabu, 24/04/2024 16:11 WIB

Ilmuan China Temukan Bahan Baru Pemurni Air

Ilmuwan China telah mengembangkan bahan baru yang dapat menggunakan cahaya untuk memurnikan air secara efisien dan aman.

Ilustrasi Air (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - Ilmuwan China telah mengembangkan bahan baru yang dapat menggunakan cahaya untuk memurnikan air secara efisien dan aman.

Metode fotokatalitik menawarkan pemurnian air yang aman bagi lingkungan, tetapi katalis yang diperlukan dalam proses ini biasanya berbasis logam, yang dapat menyebabkan polusi tambahan.

Dilansir CGTN, para ilmuwan dari Institute of Process engineering di bawah Chinese Academy of Sciences dan Universitas Yangzhou telah merancang katalis bebas logam yang efisien untuk pemurnian air fotokatalitik.

Mereka menggunakan nanosheets dari carbon nitride graphitic, bahan dua dimensi ultra-tipis dengan sifat elektronik yang tepat untuk menyerap cahaya dan menghasilkan oksigen reaktif. Strukturnya membantu memfasilitasi reaksi dengan menghasilkan banyak hidrogen peroksida, yang secara efisien membunuh bakteri.

Hasil menunjukkan bahwa dengan katalis ini, air yang kaya patogen dapat dengan cepat dimurnikan dalam 30 menit dengan efisiensi desinfeksi lebih dari 99 persen di bawah iradiasi cahaya tampak. Itu juga dapat menghindari polusi sekunder atau residu ion logam berat.

Tim peneliti bermaksud untuk memperbaiki materi sebelum siap untuk penggunaan komersial. Mereka berencana untuk memperluas kemampuan bahan untuk menyerap foton, mengembangkan serat antibakteri dan memperbaiki proses persiapan nanosheet.

KEYWORD :

Ilmuan China Pemurni Air




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :