Sabtu, 20/04/2024 04:01 WIB

Memar? Lakukan Ini Agar Cepat Hilang

Sebagian orang mungkin pernah mengalami memar atau lebam. Tak jarang, memar muncul tanpa disadari.

Ilustrasi memar (Foto: Shutterstock)

Jurnas.com - Sibuk dengan kegiatan sehari-hari, terkadang kita tidak menyadari telah mengalami benturan atau tubrukan ringan. Bisa lutut membentur meja, pinggul menghantam lemari, dan kecelakaan kecil lainnya yang bisa menyebabkan kulit membiru.

Memar atau lebam muncul akibat darah mengalir keluar dari pembuluh darah kecil di bawah kulit, jelas Dr Dana Nader, MD, Direktur Medis Regional seperti yang dilansir MedExpress.

Darah yang bocor ini menciptakan noda gelap yang kebiruan.Letakkan sekantong es batu atau kompres dingin di area memar untuk mengurangi bengkak.

Kompres dingin ini akan menahan pembuluh darah, memperlambat aliran sehingga bisa mengurangi warna memar. Lakukan hal ini selama 10 menit, lalu beri jeda 20 menit, dan lakukan lagi.

Jika bengkaknya sudah hilang, Anda bisa menggunakan kompres hangat--yang memiliki efek kebalikan dari kompres dingin," ujar Dr Nader. "Pada tahap ini, suhu hangat akan meningkatkan aliran darah di area, membuatnya tidak menumpuk di satu tempat."

Dr Nader mengingatkan, jangan menekan memar atau mengeluarkan darah di bawah kulit. Hal ini tidak terbukti efektif dan bisa menambah sakit dan memar.

Biasanya memar akan hilang dalam lima sampai tujuh hari. Jika Anda menyadari rasa sakit atau ngilu yang tak hilang-hilang, temui dokter. Ini bisa jadi ini adalah luka dalam.

Begitu juga jika terus mengalami memar tanpa tahu sebabnya. Temui dokter karena hal ini bisa jadi tanda sesuatu yang lebih serius.

 

KEYWORD :

Memar Lebam Kompres Dingin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :