Kamis, 25/04/2024 12:42 WIB

Ternyata Buah Ini Miliki Manfaat untuk Kesehatan Tulang

Studi menjelaskan bahwa plum bukan hanya buah yang segar tapi memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat buah plum untuk kesehatan tulang (Foto: istimewa)

Jurnas.com - Tak hanya susu dan keju, ternyata buah dan sayur juga memiliki kalsium yang tak kalah baiknya. Dari sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini akan menambah daftar buah yang dapat Anda konsumsi untuk memperkuat tulang.

Periset dari Texas A & M University melakukan percobaan pada tikus dan memberikan empat jenis perawatan, yaitu campuran antioksidan, asam dihidrolipoat (asam yang memiliki sifat antioksidan), ibuprofen, atau bubuk yang terbuat dari plum. Lalu mereka mengekspos tikus tersebut ke radiasi pengion dan membandingkan hasilnya.

Ternyata plum kering dapat mencegah kerusakan tulang akibat radiasi pada tikus. Bahkan tikus yang tidak terkena radiasi namun telah mengonsumsi plum menunjukan tulang yang lebih kuat sebesar 20 persen.

Para periset berspekulasi bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh campuran polifenol buah yang memiliki tingkat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi.

Temuan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering terpapar radiasi seperti pengobatan radioterapi

“Tidak ada ruginya menambahkan plum kering dalam makanan sehari-hari”, ujar peneliti utama studi, Nancy Turner. Sebelumnya, plum lebih populer sebagai obat pencahar alami.

Namun kini plum juga memiliki kekuatan super lainnya. “Banyak orang memiliki konotatif negatif akan plum karena kinerja pencahar,” kata Turner.

Ia menjelaskan bahwa plum bukan hanya buah yang segar tapi memiliki banyak manfaat kesehatan. Untuk kesehatan tulang yang lebih baik, Turner merekomendasikan untuk mengonsumsi plum kering kira-kira 2-4 buah secara bertahap sepanjang hari.

KEYWORD :

Buah Plum Kesehatan Tulang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :