Sabtu, 20/04/2024 10:30 WIB

Di Hanoi Kim Jong un Lambaikan Tangan Kemenagan

Kim Jong Un kembali melakukan perjalan selama 60 jam lebih.

Pemimpin Kore Selatan, Kim Jong un meninggalkan Vietnam setelah bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: Kim Kyung-Hoon/Reuters)

Hanoi, Jurnas.com - Sambil tersenyum dan mengangkat kedua tangannya, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Sabtu menaiki kereta pribadinya di perbatasan Vietnam-China untuk kembali ke negaranya.

Kim Jong Un kembali melakukan perjalan selama 60 jam lebih.

Ia mengakhiri perjalanannya ke Vietnam tanpa kesepakataan apa pun dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait dunulirisasi yang dinanti-nanti.

Ia menghabiskan hari terakhirnya di Hanoi dengan meletakkan karangan bunga besar berwarna merah dan kuning dimakam pahlawan nasional Ho Chi Minh, dikelilingi tentara Vietnam berseragam putih bersih dan rombongannya sendiri dari pejabat tinggi Korea Utara.

Di perbatasan, ia keluar dari limusin lapis baja lalu melambaikan tangannya sambil teraenyum ke kerumunan orang yang bersorak-sorai akan kepergiannya.

Sejak Trump terbang pulang ke Washington, Kim Jong un, melangkah dengan pasti. Ia ingin menunjukkan dirinya sebagai pemimpin yang siap mengambil tempat yang seharusnya di panggung internasional.

Pada Jumat (1/3), Ia bertemu dengan Presiden Vietnam, Nguyen Phu Trong, pemimpin tertinggi negara itu dan ketua Partai Komunis.

KEYWORD :

Amerika Serikat Korea Utara KTT Hanoi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :