Kamis, 18/04/2024 19:41 WIB

Hindari Konsumsi Ini Jika Tak Ingin Kelihatan Tua

Cara terbaik untuk mempertahankan kulit sehat dan awet muda adalah menghindari bahan makanan tertentu.

Ilustrasi Gula (foto: The Nation)

Jurnas.com - Belakangan banyak beredar produk-produk kosmetik maupun suplemen yang diklaim dapat menunda proses penuaan atau setidaknya menyamarkan kerut-kerut di wajah. Tapi sebenarnya efektivitas produk-produk semacam ini hanya bersifat sementara.

Menurut sejumlah pakar, cara terbaik untuk mempertahankan kulit sehat dan awet muda adalah menghindari bahan makanan tertentu yang dapat mempercepat proses penuaan, apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

Berikut lima jenis makanan yang tak hanya menyebabkan Anda terlihat tua tapi juga membuat Anda cepat menua seperti halnya dikutip dari Huffingtonpost:

1. Gula

Kelebihan gula di dalam tubuh akan menempel pada kolagen lalu membuat kulit tampak kaku dan tak fleksibel. Dalam buku berjudul Diet Myths Busted; Food Facts Not Nutrition Fiction yang ditulis Ann A. Rosenstein diterangkan "hilangnya elastisitas kulit muda ini akan menyebabkan kulit menjadi keriput dan membuatnya terlihat tua".

2. Lemak trans

Sama halnya dengan gula, kelebihan lemak trans juga akan membuat kulit menjadi kaku dan kehilangan fleksibilitasnya. Rosenstein menulis,

"Lemak trans menyumbat dan membuat arteri menjadi kaku serta mempersempit pembuluh darah yang pada akhirnya menyebabkan kulit terlihat lebih tua."

3. Garam
Pasalnya garam dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Padahal jika hal itu benar-benar terjadi, Anda menjadi kelelahan sehingga penampilan Anda tampak melelahkan dan kucel.

Selain itu, kelebihan garam dalam tubuh juga dapat berkontribusi terhadap penyakit ginjal, tekanan darah tinggi serta mengganggu metabolisme tulang.

4. Kopi

Tak berbeda dengan garam, kopi dan berbagai produk berkafein juga akan membuat tubuh mengalami dehidrasi serta menyebabkan Anda tampak kecapekan dan kucel.

5. Permen

Gula yang terkandung dalam permen menyebabkan munculnya peradangan dalam tubuh dan membuat kulit jadi berkerut-kerut layaknya orang tua.

KEYWORD :

Bahan Makanan Cepat Tua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :