Kamis, 25/04/2024 22:10 WIB

Vitamin D Penting untuk Ibu Hamil, Ini Alasannya

Vitamin D merupakan bagian penting dalam pola makan Anda, khususnya bagi Anda yang sedang hamil.

Ilustrasi ibu hamil

Jurnas.com - Vitamin menjadi sumber nutrisi penting untuk menjaga tulang yang kuat bagi ibu dan bayi yang dikandungnya Vitamin D juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, pengaturan pertumbuhan sel, kekuatan otot, dan bahkan produksi hormon.

Selama kehamilan, asupan vitamin D ibu akan mempengaruhi tingkat vitam D dan perkembangan bayi. Dosisnya cukup 10 mikrogram vitamin D perhari selama kehamilan dan menyusui.

Namun sayangnya, hanya sedikit ibu hamil dan menyusui yang menyadari pentingnya vitamin D. Kekurangan vitamin D selama kehamilan membuat bayi berisiko kekurangan vitamin D saat lahir. Dalam kasus yang ekstrim, bayi bisa mengembangkan penyakit rakhitis karena tingkat vitamin D-nya rendah.

Kekurangan vitamin D juga ada hubungannya dengan peningkatan risiko komplikasi kehamilan termasuk preeklampsia, persalinan prematur, diabetes gestasional dan peningkatan risiko infeksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen dengan tambahan vitamin D3 pada kehamilan mendorong massa tulang yang sehat untuk anak di kemudian hari dan dapat membantu mencegah depresi.

KEYWORD :

Ibu Hamil Manfaat Vitamin D




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :