Rabu, 24/04/2024 15:51 WIB

KTT Kim Jong un-Trump Berakhir tanpa Kesepakatan

Tidak ada kesepakatan yang dicapai saat ini, tetapi tim mereka masing-masing berharap untuk bertemu di lain waktu.

Donald Trump dan Kim Jong Un (foto:google)

Hanoi, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tidak mencapai kesepakatan apapun mengenai denuklirisasi semenanjung Korea pada pertemuan puncak di Vietnam, Kamis (28/2).

Sebelumnya, baik Trump dan Kim menyatakan harapan ada kemajuan dalam meningkatkan hubungan dan pada isu kunci denuklirisasi, dalam pertemuan di ibukota Vietnam, Hanoi.

"Kedua pemimpin membahas berbagai cara untuk memajukan konsep-konsep denuklirisasi dan ekonomi," kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders.

"Tidak ada kesepakatan yang dicapai saat ini, tetapi tim mereka masing-masing berharap untuk bertemu di lain waktu," sambungnya.

Kedua pemimpin meninggalkan hotel Metropole era kolonial Perancis, pada pukul 1.25 malam. (0625), tanpa menghadiri makan siang yang direncanakan bersama, dan kembali ke hotel mereka.

Gedung Putih mengatakan, Trump akan memberikan konferensi pers pada jam 2 malam. (700 GMT)

Sebelumnya Kim dan Trump, yang duduk berhadapan di meja konferensi, tampak yakin akan mencapai kemajuan.

"Jika saya tidak mau melakukan itu, saya tidak akan berada di sini sekarang," kata Kim kepada wartawan melalui penerjemah, ketika ditanya apakah dia siap untuk melepaskan senjata nuklirnya.

Trump, lalu menanggapinya, "Itu mungkin jawaban terbaik yang pernah Anda dengar."

Kim tidak merinci tentang apa yang akan terjadi dengan "denuklirisasi", tetapi ketika ditanya apakah dia siap untuk mengambil langkah nyata, Kim mengatakan mereka baru saja membicarakan hal itu.

Sementara AS menuntut Korea Utara menyerahkan semua program nuklir dan misilnya, Korea Utara ingin melihat penghapusan payung nuklir AS untuk sekutu-sekutunya di Asia seperti Korea Selatan dan Jepang.

KTT kedua pemimpin di Singapura pada bulan Juni, yang pertama antara presiden AS yang duduk dan seorang pemimpin Korea Utara, menghasilkan pernyataan yang tidak jelas di mana Kim berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi semenanjung Korea.

Dilansir dari Reuters, sejak pertemuan itu, tidak ada sedikit kemajuan.

KEYWORD :

Amerika Serikat Korea Utara KTT Hanoi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :