Rabu, 24/04/2024 22:07 WIB

Suasana Hati Anda Tergantung pada Serotonin

Tahukah Anda serotonin memainkan peran utama dalam mengatur suasana hati baik itu bahagia, sedih, dan cemas.

Ilustrasi perempuan terlihat sedih.(Foto : Boldsky.com)

Jurnas.com - Serotonin adalah monoamine atau bahan kimia, yang memainkan peran sebagai neurotransmitter. Sebagian besar ditemukan di otak, tetapi juga dalam dosis kecil di lapisan perut dan trombosit darah.

Secara ilmiah, ini dinamai 5-hydroxytryptamine, atau 5-HT, tetapi untuk pemahaman umum itu disebut `bahan kimia bahagia`.

Fungsi serotonin seperti dilansir dari laman Boldsky menyampaikan pesan dari satu bagian otak ke bagian lainnya; ia memiliki implikasi di hampir setiap jenis perilaku; baik itu lapar, kebutuhan emosional, motorik, fungsi kognitif dan otomatis. Ini juga mempengaruhi siklus tidur orang tersebut.

Zat kimia ini juga memainkan peran utama dalam mengatur suasana hati - bahagia, sedih, dan cemas. Serotonin berada di dalam perut yang membantu dengan pergerakan usus dan pencernaan yang lebih mudah.

Proses ini membantu trombosit darah dalam pembekuan tepat waktu; sehingga membantu penyembuhan luka dan luka dengan cepat dan mengontrol tingkat darah untuk mendorong keluar makanan ganas selama diare atau mual.

Tak hanya itu, fungsi serotonin juga mempromosikan tulang yang sehat dan kuat. Serotonin pun memainkan peran penting dalam kehidupan seks karena kadar hormon yang rendah ini menjaga libido agar tinggi.

KEYWORD :

Fungsi Serotonin Suasana Hati




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :