Jum'at, 19/04/2024 21:31 WIB

AS Sanksi Empat Gubernur Negara Bagian Venezuela

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi pada empat gubernur negara bagian Venezuela

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence dan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido menghadiri pertemuan Kelompok Lima di Bogota (Foto: Luisa Gonzalez Reuters)

Bogota, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi baru pemerintah Venezuela dan meminta sekutu untuk membekukan aset perusahaan minyak milik negara Venezuela, PDVSA.

Sanksi itu menyusul bentrokan mematikan antara warga sipil dan militer Venezuela yang menghalangi bantuan kemanusiaan mencapai negara itu pada akhir pekan lalu.

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi pada empat gubernur negara bagian Venezuela yang bersekutu dengan pemerintah Presiden Nicolas Maduro, memblokir semua aset yang mereka miliki di AS.

Sanksi baru diumumkan di Bogota saat Wakil Presiden AS Mike Pence dan Guaido bertemu dengan anggota Grup Lima, untuk penyelesaian secara damai krisis politik dan ekonomi di Venezuela.

Pence mengatakan, AS akan mendukung Guaido hingga kebebasan dipulihkan. Ia meminta semua negara Grup Lima segera membekukan aset PDVSA dan untuk memindahkan kepemilikan aset Venezuela di negara mereka dari "antek" Maduro ke pemerintahan Guaido.

Ia juga mengatakan langkah-langkah yang lebih keras dilakukan terhadap anggota OPEC.

"Dalam beberapa hari ke depan ... Amerika Serikat akan mengumumkan sanksi yang lebih tegas terhadap jaringan keuangan korup rezim," kata Pence.

"Kami akan bekerja dengan Anda semua untuk menemukan setiap dolar terakhir yang mereka curi dan bekerja untuk mengembalikannya ke Venezuela," sambungnya.

Sementara hari itu menghadirkan front regional bersatu melawan Maduro, yang secara luas dituduh berkuasa melalui pemilihan curang, tidak ada tanda yang jelas bahwa langkah-langkah terbaru akan berhasil mendorongnya ke jalan keluar.

KEYWORD :

Kudeta Venezuela Bantuan Amerika Serikat Nicolas Maduro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :