Sabtu, 20/04/2024 13:23 WIB

Trump Tekankan "Persahabatan" AS-China

Trump berbicara di Gedung Putih sehari setelah dia mengungkapkan sedang berencana bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, untuk menyelesaikan kesepakatan perdagangan.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump bertemua Presiden China, Xi Jinping di Buenos Aires, Argentina pada Sabtu 1 Desember 2018. (Foto: Li Xueren/Xinhua))

Washington, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump optimistis dapat menjalin kesepakatan perdagangan dengan China, jelang rencana pertemuan puncak dengan negara tersebut.

Dikutip dari Reuters, Trump berbicara di Gedung Putih sehari setelah dia mengungkapkan sedang berencana bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, untuk menyelesaikan kesepakatan perdagangan.

Trump mengatakan kepada sekelompok gubernur AS bahwa sementara pakta perdagangan AS-China dapat segera terjadi, dia juga tak menutup kemungkinan rencana itu tidak terwujud.

“(Kesepakatan) itu mungkin tidak terjadi sama sekali, oke? Mungkin tidak terjadi sama sekali,tapi saya piki itu akan terjadi dan bisa terjadi segera. Hubungannya hebat,” tegas dia.

“Hubungan kedua belah pihak sangat, sangat dekat,” tambah politisi Partai Republik tersebut pada Senin (25/2).

Pada Minggu (24/2) kemarin, Trump mengatakan akan menunda kenaikan tarif AS pada impor China senilai US$200 miliar, menjelang pembicaraan perdagangan "produktif". Dengan asumsi kemajuan tambahan dibuat di kedua sisi, Trump mengatakan dia berencana untuk bertemu dengan Xi di tanah Mar-a-Lago di Florida.

Pasar dunia naik pada hari Senin setelah Trump mengumumkan penundaan menaikkan tarif, memberi harapan investor bahwa perang perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia akan segera berakhir.

KEYWORD :

Kesepakatan Perdagangan Amerika Serikat China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :