Sabtu, 20/04/2024 15:39 WIB

Iran Luncurkan Rudal Jelajah dari Kapal Selam Pertama Kali

Iran telah meluncurkan rudal jelajah dari kapal selam untuk pertama kalinya selama latihan militer tahunan yang sedang berlangsung di Selat Hormuz

Tes kapal perang angkatan laut Iran menembakkan rudal jarak jauh baru selama latihan tahunan di 2012 (Foto: Ebrahim Noroozi / EPA)

Jakarta, Jurnas.com - Iran telah meluncurkan rudal jelajah dari kapal selam untuk pertama kalinya selama latihan militer tahunan yang sedang berlangsung di Selat Hormuz, Minggu (24/02).

Kantor berita ABCNews melaporkan peluncuran dan merilis gambar yang menunjukkan kapal selam hijau di permukaan air meluncurkan rudal oranye. Dikatakan kapal selam lain memiliki kemampuan yang sama, namun tidak merinci jangkauan rudal.

Iran sering menguji senjata militernya, yang sebagian besar diproduksi secara lokal karena sanksi internasional. Selat Hormuz, di mulut Teluk Persia, adalah hambatan penting bagi pasokan energi global, dengan sekitar sepertiga dari semua minyak diperdagangkan melalui laut yang melewatinya.

Ketegangan telah meningkat sejak AS menarik diri dari perjanjian nuklir Iran tahun 2015 dengan kekuatan dunia tahun lalu dan memulihkan sanksi-sanksi luas.

Kapal selam, kapal perang, helikopter, dan pesawat pengintai berpartisipasi dalam latihan tiga hari, dijuluki "Velayat-97," yang berakhir Minggu kemudian. Pada hari Sabtu, Iran meluncurkan rudal permukaan ke permukaan.

KEYWORD :

Rudal Iran Kapal Selam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :