Jum'at, 19/04/2024 22:46 WIB

Rumah Fathimah Dorong Lahirnya Fathimah Baru di Era Milenial

Selain itu, Rumah Fathimah akan dijadikan sebagai sarana bagi masyarakat untuk menggali informasi tentang sosok Puteri Rasulullah hingga keteladanannya mampu menjamur di masyarakat, khususnya di kalangan para wanita

Suasana pembukaan Rumah Fathimah di Jakarta, Sabtu (23/02)

Jakarta - Fathimah Az-Zahra merupakan seorang Puteri Nabi Muhammad Saw yang dikenal di kalangan ummat Islam sebagai penggambaran seorang perempuan yang memiliki hati bersih serta budi pekerti mulia. Namun sayang, saat ini sangat jarang menemukan sosok wanita seperti Fathimah.

Hal itu disampaikan Andi Arifah, selaku Kepala Sekolah Rumah Fathimah pada kegiatan pembukaan sekolah Fathimah di auditorium ponpes Khatamun Nabiyyin, Jakarta, Sabtu (23/02).

"Fathimah adalah sosok perempuan yang agung, penghulu wanita syurga putri, anak, sekaligus ibu yang sempurna menjadi panutan. Namun sangat disayangkan masyarakat hari ini malah tidak mengkaji untuk mengenal sosok beliau," kata Arifah.

Untuk itu, lanjut Arifah, Rumah Fathimah diharapkan mampu menjadi wadah bagi perempuan untuk mengenal dirinya, sehingga lahir Fathimah-Fathimah baru di era milenial.

"Kedepannya Rumah Fathimah ini bisa menjadi sarana studi center untuk rumah keperempuanan, diantaranya adalah konseling, gender, parenting dan sebagainya," lanjutnya.

Selain itu, Rumah Fathimah akan dijadikan sebagai sarana bagi masyarakat untuk menggali informasi tentang sosok Puteri Rasulullah hingga keteladanannya mampu menjamur di masyarakat, khususnya di kalangan para wanita.

"Rumah Fathimah ini bertujuan untuk mengotak-atik sirah Fahtimiyyah (sejarah Fathimah) sekaligus menelurusuri jejak pemikiran dan gerakan beliau," tambahnya.

Senada dengan Arifah, pengasuh pondok pesantren Khatamun Nabiyyin ustadz Akbar Saleh mengatakan, di antara faktor utama permasalahan Islam hari ini adalah ada satu sosok yang begitu besar perannya dalam perjalannya Islam di dunia namun tidak dikenal bahkan jarang dibicarakan oleh umat Muslim yaitu Fathimah.

"Pembahasan pendidikan mulai sekolah dasar sampai pada universitas, jarang sekali kita temukan pembahasan tentang sosok Fathimah Az-Zahra," kata Akbar Saleh

Akbar Saleh menggambarkan bagaimana Fatimah merupakan sosok yang sangat spesial bagi Rasulullah melalui sebuah hadits. “Fathimah Bid’atun Minni fa man adaa’ha fa qod adaa’ni” fathimah adalah bagian dariku, siapa yang menyakitinya berarti menyakitiku," katanya.

Akbar juga menyayangkan, seorang perempuan yang mulia memiliki sejarah kelam dimana salah satu sejarah menggambarkan bahwa beliau dikuburkan tengah malam dan hanya keluarga Rasul yang mengiringi pengantaran jenazahnya

"Padahal beliau adalah putri dan satu satunya anak Rasulullah yang masih hidup," jelas Akbar.

KEYWORD :

Rumah Fathimah Puteri Rasululkah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :