Selasa, 23/04/2024 14:38 WIB

Iran Pamer Kapal Selam Penakluk di Selat Hormuz

Untuk pertama kalinya dalam latihan militer Negeri Para Mullah  akan menampilkan rudal yang diluncurkan dari kapal selam.

Tes kapal perang angkatan laut Iran menembakkan rudal jarak jauh baru selama latihan tahunan di 2012 (Foto: Ebrahim Noroozi / EPA)

Teheran, Jurnas.com - Angkatan Laut Iran menggelar latihan militer "skala besar" di Selat Hormuz dan Laut Oman untuk memammerkan kekuatan maritimnya di tengah persiteruan dengan Amerika Serikat (AS) di wilayah tersebut.

Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi, mengatakan manuver itu dimulai pada Kamis (21/2) dan akan berlangsung selama seminggu.

Dilansir dari Al Jazeera, untuk pertama kalinya dalam latihan militer Negeri Para Mullah  akan menampilkan rudal yang diluncurkan dari kapal selam.

Awal pekan ini, Presiden Iran, Hassan Rouhani meresmikan "kapal selam" dan produksi dalam negeri, Fateh (Penakluk), yang menurut militer mampu menembakkan rudal jelajah.

Fateh dilengkapi dengan torpedo dan sistem penembakan presisi, dan mampu bertahan di bawah air hingga lima minggu, menurut angkatan laut.

AS dan sekutunya di wilayah Teluk telah berulang kali mengecam militer Iran sebagai ancaman terhadap kawasan itu. Namun Teheran mengatakan militernya hanya untuk tujuan pertahanan.

KEYWORD :

Latihan Militer Selat Hormuz Amerika Serikat Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :