Sabtu, 20/04/2024 02:35 WIB

Kuliner Asing Menyerbu, Jajanan Asli Indonesia Terancam Punah

Serbuan kuliner asing dengan berbagai varian yang masuk ke Indonesia mengakibatkan banyak masakan asli tanah air semakin terkikis bahkan diambang kepunahan.

Konferensi pers festival jajanan Bango di Jakarta, Kamis (21/02)

Jakarta, Jurnas.com - Serbuan kuliner asing dengan berbagai varian yang masuk ke Indonesia mengakibatkan banyak masakan asli tanah air semakin terkikis bahkan diambang kepunahan.

Hal itu diungkapkan Hernie Raharja selaku Foods Direktur PT Unilever pada Kamis (21/02) di Jakarta. Menurut Hernie, saat ini semakin banyak kekayaan kuliner asli Indonesia yang mulai langka dan bahkan hampir punah akibat kurang regenerasi pelestarian makanan-makanan tersebut.

"Jika keaslian rasa dan resepnya tidak terjaga, dan tidak ada orang atau penjaja kuliner terus membuatnya, regenerasi pelestarian kuliner Indonesia tentunya jadi mustahil dilakukan," ujar Hernie.

Untuk itu, lanjut Hernie, demi membantu melestarikan kuliner tanah air, PT Unilever TBK akan menghadirkan Festival Jajanan Bango (FJB) bertemakan "Kelezatan Asli, Lintas Generasi" yang akan diadakan pada 16-17 Maret di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Melalui event tersebut, Hernie berharap mampu mendorong regenerasi pelestarian kuliner Indonesia, khususnya melalui peranan penjaja kuliner sebagai penjaga keautentikan kuliner Indonesia yang sejati.

"Demi mendorong pelestarian kuliner tanah air, kami lakukan melalui persembahan FJB 2019 sebagai wadah bagi para penjaja kuliner lintas generasi untuk mengenalkan kelezatan asli Indonesia kepada generasi terkena yang henti-hentinya mencari kelezatan asli," tambahnya.

FJB 2019 rencananya akan menghadirkan lebih dari 80 penjaja kuliner dan menyediakan sebuah area khusus bagi 10 penjaja kuliner lintas generasi yang memiliki dedikasi tinggi dalam mempersembahkan aneka kelezatan hidangan mereka dari generasi ke generasi.

"Diharapkan dengan demikian usaha mereka akan lebih dikenal dan diapresiasi oleh puluhan ribu pecinta kuliner yang setiap tahunnya selalu memadati FJB," harap Hernie.

 

KEYWORD :

Kuliner Asing Festival Jajanan Bango Jajanan Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :