Sabtu, 20/04/2024 01:00 WIB

Pemilik Manchester City Beli Klub Baru China

City Football Group (CFG), pemilik klub ternama Manchester City FC, telah bersama-sama membeli Sichuan Jiuniu FC dari China League Two dengan UBTECH dan China Sports Capital.

Logo Sichuan Jiuniu FC / VCG

Jakarta, Jurnas.com - City Football Group (CFG), pemilik klub ternama Manchester City FC, telah bersama-sama membeli Sichuan Jiuniu FC dari China League Two dengan UBTECH dan China Sports Capital.

Tim tingkat ketiga Sichuan Jiuniu adalah klub sepak bola pria ketujuh di mana CFG telah berinvestasi. Mereka juga pemegang saham New York City FC di US Major League Soccer, Melbourne City FC di A-League Australia, Yokohama F. Marinos di J1 Jepang, Torque Club Atletico di Divisi Primera Uruguay dan Girona FC di La Liga Spanyol.

Selain itu, mereka berinvestasi dalam beberapa tim sepak bola wanita juga. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah besar modal China telah diinvestasikan dalam sepak bola Eropa, tetapi tindakan terbalik jarang terjadi. Bentuk kerja sama yang lebih umum adalah di klub asing membantu klub Cina untuk membangun sistem pelatihan pemuda.

Ketika perusahaan induk CFG, Abu Dhabi United Group, Investment & Development Limited menjual 13,79 persen sahamnya ke CMC Football Holdings Limited yang didukung negara dalam dua tahun terakhir, CFG bekerja dengan baik dengan Kementerian Pendidikan China dalam sebuah program untuk mengembangkan sepak bola kampus.

Mengenai pembeli lain, China Sports Capital secara bersama-sama didirikan oleh CMC Inc. (nama baru CMC Holdings) dan Sequoia China pada 2017, dan UBTECH, perusahaan robot humanoid China yang telah bekerja sama dengan Man City FC sejak 2016, adalah yang terbesar pemegang saham Jiuniu FC dan CEO mereka Zhou Jian sekarang menjadi presiden klub.

Didirikan pada tahun 2017, Jiuniu FC berada di peringkat ketiga terakhir dari 26 tim di Liga Dua musim 2018 dan secara mengejutkan mencapai Piala Asosiasi Sepak Bola China (CFA) 2018 pada delapan besar . Dengan klub Sichuan lainnya Annapurna FC dipromosikan ke League One sebagai pemenang di musim lalu, Jiuniu FC memiliki kepercayaan diri untuk melangkah lebih jauh.

"Kami sangat meyakini masa depan sepak bola di Tiongkok," kata kepala eksekutif City Football Group Ferran Soriano dilansir CGTN.

"Kami membuat komitmen jangka panjang, berkelanjutan untuk menumbuhkan dan mengembangkan Sichuan Jiuniu FC dan untuk membina bakat sepak bola China."

KEYWORD :

Manchester City Klub China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :