Selasa, 21/05/2019 21:52 WIB

Diduga Soal Bocor, KPU Diminta Tak Urus Konten

KPU diminta agar tidak memgurus konten dalam debat ketiga Pilpres 2019 nanti. Alasannya, tidak menutup kemungkinan soal yang ada bocor ke salah satu kandidat capres.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta agar tidak memgurus konten dalam debat ketiga Pilpres 2019 nanti. Alasannya, tidak menutup kemungkinan soal yang ada bocor ke salah satu kandidat capres.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, melalui pesan singkatnya, Jakarta, Senin (18/2). Menurutnya, KPU tidak perlu membuat konten yang sifatnya rahasia saat debat.

"Sesi ke-4 itu aja dibiarin. Biar soal dari mereka dan jawaban dari mereka. Tugas moderator hanya soal batas waktu. Dengan segala hormat, saya nggak percaya soal rahasia KPU itu tidak bocor," kata Fahri.

Fahri mengusulkan, agar kandidat capres-cawapres beserta tim kampanye yang menyusun pertanyaan dalam debat.

"Lagi pula ngapain KPU suruh ahli yang nanya? Suruh aja capres yang saling tanya. Kan mereka yang mau jadi presiden? Kalau mau jadi presiden masak mau nanya aja dibikinin orang?" kata salah satu penggagas GARBI itu.

Untuk itu, Fahri menyarankan, agar KPU tidak membuat pertanyaan, dan biar capres serta timnya menggodok sendiri pertanyaan serta jawaban yang mereka mau jadikan isi perdebatan.

"Kalau ada yang menolak ide ini berarti mereka menerima bocoran. Untuk hindari fitnah, KPU hentikan bikin soal rahasia kayak UAN itu. Ayo KPU tingkatkan mutu debat ke-3. Jangan bikin soal lagi. Alokasikan waktu dan tema saja cukup. Titik!" tegasnya.

TAGS : Debat Pilpres 2019 Jokowi Prabowo Fahri Hamzah




TERPOPULER :