Selasa, 21/05/2019 21:55 WIB

Rekening Bank Dibekukan, China Panggil Pejabat Spanyol

Wakil direktur jenderal Departemen Urusan Konsuler China Chen Xiongfeng Jumat meminta utusan Spanyol di Beijing untuk mengangkat masalah pembekuan rekening bank warga Cina di Spanyol tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Warga China lakukan demonstrasi di Spanyol (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil direktur jenderal Departemen Urusan Konsuler China Chen Xiongfeng meminta utusan Spanyol di Beijing untuk mengangkat masalah pembekuan rekening bank warga Cina di Spanyol tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Selama pertemuan itu, Chen mengatakan bahwa sejak awal tahun lalu, kedutaan besar China di Spanyol telah menerima keluhan dari warga dan mahasiswa Tiongkok bahwa bank telah secara sewenang-wenang membekukan rekening mereka. Ini terjadi lagi baru-baru ini di satu bank, bahkan kepada warga Spanyol yang berasal dari China.

Dilansir CGTN, Chen menekankan bahwa kedutaan besar Tiongkok di Madrid terlibat aktif dengan pihak-pihak terkait untuk melindungi hak-hak sah warga negara Tiongkok.

Dia mengatakan dia mengharapkan kedutaan Spanyol di Beijing untuk menyampaikan pesan kepada departemen bahwa mereka tidak boleh mengambil tindakan diskriminatif terhadap warga Tiongkok dan untuk menjaga persahabatan dan pertukaran bisnis antara kedua negara.

Sementara itu, utusan Spanyol mengatakan bahwa Spanyol sangat prihatin dengan masalah yang diangkat oleh Chen. Dia menegaskan bahwa Spanyol tidak mendukung hukum atau kebijakan apa pun yang akan menyebabkan diskriminasi terhadap warga negara Tiongkok.

Dia menyatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Spanyol telah meminta penjelasan dari bank sentral Spanyol dan lembaga keuangan terkait atas kekhawatiran yang diangkat oleh China. Dia menyerukan komunikasi yang erat untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin.

TAGS : Rekening Bank China Spanyol




TERPOPULER :