Senin, 22/04/2019 01:51 WIB

Menjajal Kopi Original Nusantra dengan Harga Miring

Ilustrasi kopi (foto: Live Science)

Jakarta, Jurnas.com - Lahan yang semakin sempit di Jakarta tidak membuat harapan Adhe R. Putri Linge pupus untuk membuat cafe. Justru keterbatasan itu dijadikan sebagai peluang baru. CEO Plaza Kopi Gayo itu pun membuat cafe berjalan menggunakan roda dua dan tiga.

Meski terbilang masih muda di ibu kota, Cafe berjalan itu sudah mulai ramai dikunjungi. Tentu saja karena kopi yang disajikan itu adalah kopi original asal Indonesia dengan harga yang cocok di semua kantong kalangan.

"Konsepnya sih nggak muluk-muluk, saya pengin rakyat kecil ke bawah dapat menikmati kopi original yang selama ini kami buat," terang Adhe kepada jurnas.com di sela acara Silaturahmi Warga Mandar di Anjungan Sulawesi Barat, TMII, Jakarta Timur, Minggu (10/2).

Selama ini penikmat kopi lebih banyak menyeruput kopi sachet (kopi instan, Red). Padahal kata Adhe, kopi instan itu sangat berbahaya bagi tubuh, apalagi jika kandungannya tidak diketahui.

"Ini bukan menjatuhkan pedagang kopi lain, misnya pedagang kopi sachet yang harganya murah tapi belum diketahui isinya apa," jelas Adhe.

Lebih lanjut Adhe menjelaskan, selama ini orang masuk ke dalam cafe memang selalu identik dengan orang yang ber-uang. Sehingga sangat wajar jikakelas menengah ke bawah memilih alternatif lain. Salah satunya, memilih kopi sachet.

Ade, berharap, dengan metode yang diusulkannya, petani dapat menikmati kopi original tanpa efek samping.

"Kami ingin kelas bawah ingin merasakannya, baik tukang parkir dan tukang ojek. Pokoknya tidak ada main kelas," tegas Adhe.

Adhe mengatakan, selain memperkenalkan kopi sehat, tujuan utamanya adalah memperkenalkan kopi nusantara dan memanusiakan kopi.

"Kenapa saya sebut memanusiakan kopi, karena kopi bagus untuk kesehatan manusia di tengah maraknya orang meminum kopi yang asalnnya nggak jelas," jelasnya.

"Saya memperkenalkan kopi original, tanpa gula, crimer dan susu. Tapi itu kembali ke manusia. Mau pilih kopi yang sehat atau tidak," sambungnya.

Saat ditanya apa itu kopi sehat? Adhe mengatakan, "Kopi sehat itu adalah kopi yang dikonsumsi tanpa gula, crimer dan susu."

Caffe Plaza Gayo saat ini masih menyediakan kopi yang sangat terbatas. Hanya ada lima jenis kopi yang berjejer di standnya saat dijumpai. Di antaranya kopi asal Plores, Manggarai, Aceh, Bengkulu dan Jambi.

"Tidak menutup kemungkinan kita akan mengambil kopi nusantara. Gayo hingga papua,"pungkasnya

TAGS : Kopi Sehat Kopi Nusantara Caffe Berjalan




TERPOPULER :