Selasa, 23/04/2024 15:48 WIB

Tantangan Penyakit yang Dimiliki Anak Saat Bermain

Ketika anak bereksplorasi, masih ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu.

Anak-anak rentan penyakit jika tidak terlindungi (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah studi mengungkapkan jika anak Indonesia berpotensi kekurangan asupan nutrisi yang seimbang yang dapat memengaruhi tumbuh kembang dan kebahagiaan mereka.

Studi ini sejalan dengan hasil penelitian dalam British Journal of Nutrition yang menunjukkan risiko masalah gizi pada anak Indonesia yang masih tinggi.

Pakar Nutrisi Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono menegaskan eksplorasi anak harus disertai dengan perlindungan yang tepat. Ketika anak bereksplorasi, masih ada banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa mengganggu.

"Sebanyak 41,9 persen anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12,2 persen anak masih sering terkena diare," ungkap Saptawati di Jakarta, Kamis (7/2).

Di samping itu, anak yang lebih sering bermain di luar rumah memiliki risiko terkena penyakit 2-3x lipat lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya beraktivitas di rumah.

Lebih lanjut, Saptawati juga menjelaskan gizi perlindungan untuk eksplorasi anak salah satunya bisa diperoleh dari bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus.

"Bakteri tersebut telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

KEYWORD :

Anak Bermain Anak Eksplorasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :