Senin, 19/08/2019 02:31 WIB

Dua Bayi Penguin Lahir di Kebun Binatang Meksiko

Spesies ini, Pygoscelis adeliae, adalah yang paling gemuk di antara semua penguin, dan hanya ditemukan di alam liar di Antartika.

Penguin Adelie (Foto: AFP)

Mexico City, Jurnas.com - Setelah dengan susah payah menciptakan kembali lingkungan Antartika di iklim yang nyaman di Meksiko tengah, Kebun Binatang Guadalajara kini menyambut dua bayi penguin Adelie ke dunia.

Pasangan itu, yang lahir pada akhir Desember, melakukan debut publik minggu ini ketika orang tua mereka, Blanquita dan Pippin, mulai memungkinkan berjalan-jalan untuk pertama kalinya.

Bayi-bayi itu akan dinamai setelah menjalani pemeriksaan medis selama delapan hingga 10 minggu lagi, untuk menentukan jenis kelamin mereka, kata pejabat kebun binatang di Guadalajara, kota kedua Meksiko.

Kebun Binatang Guadalajara adalah kebun binatang pertama di Amerika Latin yang sukses mengembangbiakkan penguin Adelie menurut kepala dokter hewan penguin, Luis Soto.

Dikutip dari AFP, spesies ini, Pygoscelis adeliae, adalah yang paling gemuk di antara semua penguin, dan hanya ditemukan di alam liar di Antartika.

Untuk membuat Blanquita dan Pippin berkembang biak, kebun binatang harus membuat mini-Antartika di kandang mereka, dengan suhu di bawah titik beku, salju sungguhan, tangki air asin agar mereka bisa berenang dan pencahayaan khusus untuk meniru matahari selatan.

Bayi penguin pertama, lahir pada 24 Desember, memiliki berat tiga kilogram (enam pon 10 ons) saat lahir. Yang kedua, lahir dua hari kemudian, beratnya 1,96 kilogram.

Orang tua mereka tiba di Guadalajara pada 2015, dari kebun binatang lain di Jepang.

Penguin Adelie tumbuh hingga ketinggian hingga 80 sentimeter (dua kaki tujuh setengah inci) dan dikenal dengan cincin putih di sekitar mata mereka.

TAGS : Penguin Adelie Kebun Binatang




TERPOPULER :