Kamis, 25/04/2024 20:02 WIB

Menang Piala Asia Genjot Posisi Qatar di FIFA

Qatar berhasil menduduki posisi ke-38 FIFA usai memenangkan Piala Asia untuk pertama kalinya pada 2019. Sebelumnya, Qatar menempati posisi ke-55. 

Tim Nasional Qatar mengangkat tropi Piala Asia untuk pertama kalinya (foto: Soccerway)

Jakarta, Jurnas.com - Qatar berhasil menduduki posisi ke-38 FIFA usai memenangkan Piala Asia untuk pertama kalinya pada 2019. Sebelumnya, Qatar menempati posisi ke-55. 

Pasukan Felix Sanchez menjadi jawara Asia untuk pertama kalinya usai mengandaskan Jepang dengan skor 3-1 di laga final. Padahal sebelumnya, prestasi terbaik Qatar di Piala Asia hanya mencapai delapan besar pada 1988 dan 2011 silam.

Dalam pagelaran sepakbola terbesar Asia itu, mereka memenangkan tujuh pertandingan, mencetak 19 gol dan hanya kebobolan satu, dalam kemenangan akhir 3-1 atas Jepang.

Sebagai hasil dari kesuksesan mereka, Qatar menjadi negara peringkat tertinggi kelima di AFC di belakang Iran, Jepang, Korea Selatan dan Australia.

Finalis yang kalah, Jepang juga menikmati kenaikan yang signifikan, naik ke peringkat 23 setelah sebelumnya menempati posisi 27. Sebaliknya, Korea Utara yang berada di urutan paling bawah grup Piala Asia Qatar tanpa poin mengalami penurunan terbesar, turun 12 peringkat menjadi 121.

Negara yang menempati 20 besar tetap tidak berubah, dengan Belgia, Prancis dan Brasil mempertahankan tempat masing-masing di posisi pertama, kedua dan ketiga.

KEYWORD :

Tim Qatar Daftar FIFA Piala Asia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :