Rabu, 16/10/2019 02:51 WIB

Soal Indonesia Bubar, Jokowi: Bubar Sendiri Saja

Optimisme, lanjut Jokowi, juga merupakan semangat bagi para pelaku wirausaha di Indonesia sebagai penggerak perekonomian di Tanah Air. Sehingga menurut dia, sesulit apa pun keadaan Indonesia harus optimis dalam segala hal.

Presiden Joko Widodo menjajal motor Gesits di Istana Merdeka, Jakarta (Foto: Humas Istana)

Jakarta, Jurnas.com – Calon presiden Joko Widodo optimisitis Indonesia akan menjadi negara yang besar. Karena itu, dia menyarankan bila ada yang mengatakan Indonesia akan bubar atau punah, agar tidak mengajak rakyat Indonesia.

“Bubar sendiri saja, punah sendiri saja, tapi jangan ajak-ajak kita rakyat Indonesia,” ujar Jokowi dalam kegiatan Temu Silaturrahmi Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah di MG Setos, Semarang, pada Sabtu (2/2).

Optimisme, lanjut Jokowi, juga merupakan semangat bagi para pelaku wirausaha di Indonesia sebagai penggerak perekonomian di Tanah Air. Sehingga menurut dia, sesulit apa pun keadaan Indonesia harus optimis dalam segala hal.

"Bagaimana kita ini sebagai negara besar kalau mengiringi masyarakat dengan pesimisme seperti itu," katanya.

Jokowi menambahkan, Indonesia merupakan negara besar dengan jumlah penduduk 260 juta jiwa di mana 190 juta di antaranya ada di Pulau Jawa dan sisanya tersebar di 17.000 ribu di Indonesia.

Karenanya ia menegaskan bahwa mengelola Indonesia tidak gampang, atau tidak seperti mengelola sebuah negara yang hanya satu daratan saja.

"Ini 17.000 pulau yang semua harus diurus infrastrukturnya, di-manage logistiknya sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik," katanya.

Ia menekankan sebagai sebuah negara besar maka tantangan juga besar.

"Jangan sampai ada yang mengatakan negara kita negara miskin, kita sudah masuk ke G20, masuk ke negara dengan PDB 1 triliun USD," katanya.

Hal itulah yang mendorong dia untuk mengajak agar masyarakat tidak pesimis, melainkan selalu optimis

"Jangan sampai kita pesimis, (kalau) ada yang ngomong Indonesia bubar, Indonesia bubar, yang benar saja," katanya.

Selain itu, menurut dia, membandingkan Indonesia dengan negara-negara miskin di dunia juga tidak sebanding atau tidak "apple to apple".

Ia mengajak para pengusaha untuk optimis menatap masa depan untuk menjadikan Indonesia sebagai empat besar negara ekonomi terkuat dunia.

Pada kesempatan itu hadir sekitar 1.500 pengusaha dari wilayah Jateng termasuk pengusaha milenial, start up, hingga pengusaha senior. (Ant)

TAGS : Joko Widodo Indonesia Bubar




TERPOPULER :