Sabtu, 20/04/2024 16:23 WIB

Rahasia Jojo dan Ginting Tampil Prima dan Sehat

Sebagai atlet Bulutangkis yang sedang moncer, Jojo dan Ginting ternyata memiliki banyak

Atlet bulutangkis Indonesia Jonathan dan Anthony Ginting

Jakarta - Generasi masa kini dengan gaya hidup urban semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga satu hingga tiga kali seminggu di tengah kesibukan harian.

Ditambah dengan pola pikir yang menganggap bahwa traveling sudah menjadi satu kebutuhan, tentunya kaum urban muda membutuhkan energi ekstra yang dapat diperoleh dari asupan nutrisi dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Pada kesempatan yang sama atlet bulu tangkis andalan Indonesia, Jonatan Christie (Jojo) mengatakan sebagai atlet, dirinya memiliki waktu latihan yang ketat dan rutin serta jadwal turnamen padat.

Keseharian kami berpusat pada peningkatan permainan di lapangan dan catatan prestasi di setiap pertandingan. "Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima," ucap Jojo yang ditemui usai peluncuran Good to Go di Jakarta, Rabu (30/1).

Di luar jadwal latihan dan pertandingan, ia merasa sebagai anak muda membutuhkan energi lebih untuk menjalani aktivitas lain.

Anthony Sinisuka Ginting melengkapi pernyataan Jojo yang mengatakan sehari-hari sibuk latihan sehari-hari, sesi pagi bisa sampai tiga jam, kalau sore 2-2,5 jam. Sehari bisa dua kali.

"Meski disibukkan dengan Latihan, sama kaya yang lain pengen main juga keluar, tapi biasanya suka berenang," ucap Ginting

Kalau aktivitas Jojo mula latihan pagi sore sama seperti Ginting. "Kalau ada waktu lebih suka foto/fotografi, suka hunting foto. Sambil jalan kaki juga sih," selorohnya.

Bagaimana Jono dan Ginting menjaga kesehatan? "Tidak jauh berbeda, jam makan sama apa yang dimakan sama. Menu makan untuk sarapan antara sereal atau buah potong, hampir sama tapi porsinya beda lebih banyak," tambah Ginting.

Tak jauh beda dengan Ginting, Jojo juga menerapkan istirahat teratur, pola makan gizinya harus terjaga tidak asal makan.

"Kami benar-benar diperhatikan komposisi gizinya. Kalau berat badan lagi naik saja juga melakukan diet. Kurangi makan nasi di malam hari, bisa diganti misalnya dengan snack sereal. Menu makan? 150 dan 200 gram dianjurkan nasi putih dan merah. Kalau malam nasi dikurangi bisa diganti salad/smoothies," tuturnya.

Banyak jam kritis saat latihan dan aktivitas jadi membutuhkan asupan yang baik, karena sebagai atlet mereka perlu asupan gizi lebih. "Konsultasi sama dokter gizi, makan diatur. Bisa berpengaruh pada konsentrasi jika masuk pada jam-jam kritis," ungkap Jojo

Perbedaan secara signifikan bagi atlet dengan yang bukan ialah energi mereka lebih besar karena aktivitas tinggi, kalori yang terbakar juga banyak.Saat latihan ada pembongkaran protein.

KEYWORD :

Atlet Bulutangkis Jonathan Christi Anthony Ginting




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :