Kamis, 25/04/2024 15:40 WIB

Sultan Abdullah Resmi jadi Raja ke-16 Malaysia

Dalam acara prosesi tersebut, pria 59 tahun itu hadir mengenakan pakaian tradisional berwarna biru pucat diampingi istrinya, Tunku Azizah Aminah Maimunah

Raja Malaysia yang baru Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dan Ratu Tunku Azizah Aminah Maimunah menghadiri upacara penyambutan di luar parlemen di Kuala Lumpur (Foto: Lai Seng Sin/Reuters)

Malaysia, jurnas.com - Sultan Abdullah telah dinobatkan sebagai raja ke-16 Malaysia di bawah sistem monarki setelah mengambil sumpah jabatan di Istana Nasional di Kuala Lumpur, Kamis (31/1).

Dalam acara prosesi tersebut, pria 59 tahun itu hadir mengenakan pakaian tradisional berwarna biru pucat diampingi istrinya, Tunku Azizah Aminah Maimunah. Ia didaulat sebulan setelah keputusan mendadak pendahulunya, Sultan Muhammad V, untuk mengundurkan diri.

Sembilan rumah tangga kerajaan Malaysia bergiliran menjadi sebagai raja, atau Yang di-Pertuan Agong, masing-masing selama lima tahun sebagai bagian dari sistem yang disepakati pada tahun 1957, ketika Malaya mendapat kemerdekaan dari Inggris.

Sultan Abdullah, yang berasal dari negara bagian pusat Pahang, naik takhta saat pemerintah Mahathir Mohamad yang memenangkan kekuasaan pada Mei bergerak untuk memperkenalkan reformasi kelembagaan yang luas.

Sultan Muhammad V, tiba-tiba mengundurkan diri pada 6 Januari setelah hanya dua tahun di atas takhta; pertama kali seorang raja turun. Istana tidak memberikan alasan untuk keputusan itu.

Sultan Abdullah adalah pemain polo yang tajam dengan hasrat untuk sepak bola dan merupakan anggota komite eksekutif dari badan sepak bola dunia FIFA.

KEYWORD :

Sultan Abdullah Sistem Monarki Kerajaan Malaysia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :