Sabtu, 20/04/2024 15:23 WIB

AS Setuju Jual Rudal Canggih ke Jepang

Jepang akan menempatkan dua sistem pertahanan rudal Aegis Ashore di prefektur Akita dan Yamaguchi untuk melawan ancaman rudal Korea Utara.

Bendera kebangsaan Jepang berkibar di udara.

Tokyo, jurnas.com – Pemerintahan Amerika Serikat (AS) menyetujui penjualan sistem rudal pertahanan berteknologi tinggi kepada sekutunya, Jepang.

Menurut Kantor Berita Kyodo, Kesepakatan pertahanan senilai USD2,15 miliar mencakup pembelian dua sistem senjata Aegis dan peralatan terkait oleh Jepang.

"Jepang berencana menempatkan dua sistem pertahanan rudal Aegis Ashore di prefektur Akita dan Yamaguchi pada 2023 untuk melawan ancaman rudal Korea Utara," papar Departemen Luar Negeri AS seperti dilansir oleh Kyodo.

"Dengan sistem pertahanan baru itu, kemampuan pemerintah Jepang dalam menghadapi ancaman rudal balistik semakin meningkat," tambah Deplu.

Jepang adalah sekutu AS di Timur Jauh, tetapi pertemuan Trump dengan pemimpin Korea Utara tahun lalu dipandang oleh Jepang sebagai ancaman.

"Penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu Jepang dalam mengembangkan kemampuan pertahanan yang kuat dan efektif," kata laporan itu.

Kesepakatan itu dapat menambah ketegangan antara Tokyo dan Moskow, karena Rusia berulang kali menyatakan keprihatinan tentang rencana penempatan stasiun Aegis Ashore di Jepang. Namun, pejabat pertahanan di Tokyo bersikeras, penempatan itu murni untuk alasan pertahanan nasional".

KEYWORD :

Amerika Serikat Korea Utara Jepang Senjata Aegis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :