Kamis, 25/04/2024 14:19 WIB

AS Naikkan Peringatan Perjalanan ke Venezuela

Amerika Serikat meningkatkan peringatan perjalanan untuk Venezuela ke level tertinggi, menyarankan para pelancong untuk menghindari perjalanan ke negara tersebut.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Luisa Gonzalez/Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Amerika Serikat meningkatkan peringatan perjalanan untuk Venezuela ke level tertinggi, menyarankan para pelancong untuk menghindari perjalanan ke negara tersebut.

Peringatan perjalanan yang dinaikkan, sekarang di Level 4, menggantikan nasehat perjalanan sebelumnya yang dikeluarkan minggu lalu ketika Washington memerintahkan keberangkatan pegawai pemerintah AS yang tidak darurat dan anggota keluarga dari Venezuela.

"Jangan bepergian ke Venezuela karena kejahatan, kerusuhan sipil, infrastruktur kesehatan yang buruk, dan penangkapan dan penahanan sewenang-wenang terhadap warga AS," kata Departemen Luar Negeri dilansir aa.

"Pemerintah AS memiliki kemampuan terbatas untuk memberikan layanan darurat kepada warga AS di negara itu," tambah departemen itu.

Departemen mengatakan jika para pelancong masih memutuskan untuk pergi ke Venezuela, mereka harus menghindari demonstrasi dan tidak melakukan perjalanan antar kota pada malam hari.

Peringatan itu dikeluarkan hampir seminggu setelah Presiden Majelis Nasional Venezuela Juan Guaido menyatakan pemerintahan Presiden Nicolas Maduro tidak sah dan mengumumkan dirinya sendiri sementara Presiden.

Dukungan yang diumumkan untuk Guaido, di mana Maduro yang marah mengumumkan bahwa ia memutuskan semua hubungan dengan pemerintah Amerika dan meminta Washington untuk memanggil kembali semua diplomat mereka dari Venezuela.

Peringatan Level 4 adalah peringatan perjalanan tertinggi yang dikeluarkan oleh AS. Peringatan perjalanan Level 4 mengatakan, "Jangan bepergian," sementara peringatan Level 3 menyarankan orang untuk mempertimbangkan kembali perjalanan.

Awal bulan ini, Departemen Luar Negeri juga mengeluarkan travel warning Level 2 ke China, mengutip larangan keluar yang menghentikan warga negara Amerika meninggalkan negara itu.

AS telah memberikan peringatan perjalanan Tingkat 4 ke 12 negara sejak Juli lalu.

KEYWORD :

Peringatan Perjalanan Amerika Serikat Venezuela




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :