Jum'at, 26/04/2024 03:52 WIB

Wiranto Pastikan Pemilu Aman, Tertib dan Lancar

Menko Polhukam Wiranto menyatakan aparat keamanan telah memetakan titik rawan jelang pemilu. Ia oprimis semua berjalan aman dan lancar.

Menko Polhukam, Wiranto (Foto : Doknet).

Jakarta- Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 tak lama lagi akan segera berlangsung. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meyakini, dengan sistem dan pemetaan yang telah dibentuk, pemilu akan berlangsung aman, tertib dan lancar.
Menurut Wiranto, sejak 6 bulan lalu aparat keamanan telah mendeteksi beberapa wilayah rawan dalam menghadapi pemilu. Namun hal tersebut telah diantisipasi sejak dini.

“Kita semua optimis pemilu ini berlangsung aman dan tertib serta lancar. Semua sudah dipetakan, kemudian dari peta itu ada waktu 6 bulan untuk kita netralisir kerawanan itu," tegas Wiranto usai memberi arahan pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Auditorium PTIK, Jakarta, Selasa (29/1).

"Kita harapkan semuanya aman ya. Walaupun kadang kala tidak mungkin, tapi bisa kita tekan sehingga kemungkinan ancaman sangat kecil. Semuanya sudah diantisipasi dengan baik,” sambung Wiranto.

Wiranto mengatakan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga sangat membantu dalam mendeteksi kerawanan dalam pemilu nanti. Sinergi antara aparat keamanan dan Bawaslu berlangsung baik untuk mengantisipasi gangguan.

"Jadi dua-duanya (indeks kerawanan dari Bawaslu dan Polri) setelah kita gabungkan, maka insyaallah Pemilu 2019 ini juga aman, tertib, lancar, dan sukses," kata Wiranto.

Wiranto juga meminta masyarakat untuk ikut berperan serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam perjalanan Pemilu nanti. Peran masyarakat sangat dibutuhkan.

"Masyarakat sangat penting untui ikut terlibat dalam pengamanan. Pemilu ini bukan untuk saling menjelekkan dan saling membenci, menista, bukan itu.  Tapi saling berkompetisi untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas ke depan," jelas Wiranto.

KEYWORD :

Wiranto Pemilu Aman Rawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :