Sabtu, 20/04/2024 10:18 WIB

Sarapan Sehat Penuhi Tiga Kriteria Ini

Kesibukan di pagi hari membuat Anda kerap melewatkan sarapan atau bahkan hanya minum teh atau kopi, sebaiknya bagaimana?

Talkshow Nestum 101 Healthy Bowls (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Fakta sebanyak 51 persen orang Indonesia menyadari bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari, namun sayangnya 76 orang yang mengonsumsi sarapan di pagi hari, belum memilih yang sesuai dengan golden standar breakfast, yaitu terdiri makanan dan minuman, bukan salah satunya saja.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa aktivitas mengonsumsi makanan saat sarapan memiliki banyak manfaat. Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan dengan mengonsumsi makanan saat sarapan bisa merasakan manfaat baik dari fisiologis maupun psikologis.

"Minuman saja tidak cukup. Makanan utama (pagi, siang sore) semua zat gizi sudah harus lengkap,harus ada 6 zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, air, serat yang harus dipenuhi, bukan hanya minuman seperti teh atau kopi," ujarnya dalam acara Mestinya 101 Healthy Bowls, di Jakarta, Selasa (29/1).

Prosesnya pun sangat berbeda, selain makan untuk memenuhi kebutuhan gizi, ada aktivitas makan dan minum, saling melengkapi. Proses yang dilewati memenuhi metabolisme.

Fungsi makan menurut Rita, mengunyah, mencampur, dan menelan. Berlaku untuk semua kelompok umur. Sarapan adalah makan sesuatu di pagi hari dengan menu bergizi: susunan hidangan yang di dalamnya ada 6 kandungan gizi. Jumlah dan waktu mengonsumsi.

Sarapan berkualitas menurut Rita sebaiknya memenuhi tiga kriteria berikut ini;

1. Harus mengandung semua zat gizi
Energi: 20-25 persen energi total, mengandung karbohidrat, mengandung gula dan lemak jenuh rendah.

2. Stimulasi organ pencernaan agar bisa bekerja satu sama lain saling berinteraksi.

3. Memberi nilai kepuasan atau citarasa

"Hasil penelitian meta analisis mengungkapkan mengunyah makanan secara signifikan dapat memperlama rasa lapar. Meningkatkan kemampuan konsentrasi dan berpikir," imbuhnya

KEYWORD :

Sarapan Sehat Manfaat Sarapan Sarapan Berkualitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :