Rabu, 24/04/2024 17:42 WIB

PM Trudeau Pecat Dubes Kanada untuk China

Perdana Menteri Justin Trudeau memecat duta besar Kanada untuk China setelah utusan itu mengatakan akan hebat jika Amerika Serikat membatalkan permintaan ekstradisi untuk seorang eksekutif teknologi China yang ditangkap di Kanada

Justin Trudeau (foto: Notey)

Jakarta - Perdana Menteri Justin Trudeau memecat duta besar Kanada untuk China setelah utusan itu mengatakan akan hebat jika Amerika Serikat membatalkan permintaan ekstradisi untuk seorang eksekutif teknologi China yang ditangkap di Kanada.

Trudeau mengatakan pada Sabtu bahwa ia telah meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum pada Jumat malam.

McCallum membuat pernyataan kepada Bintang Toronto pada hari Jumat. Itu terjadi sehari setelah dia mengeluarkan pernyataan yang mengatakan dia salah bicara tentang kasus awal minggu ini dan menyesal mengatakan Meng Wanzhou memiliki kasus yang kuat terhadap ekstradisi.

Penangkapan putri pendiri Huawei Technologies Ltd di bandara Vancouver pada 1 Desember merusak hubungan antara China dan Kanada.

AS ingin dia diekstradisi untuk menghadapi tuduhan bahwa dia melakukan penipuan dengan menyesatkan bank tentang transaksi bisnis Huawei di Iran

"Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai Duta Besar Kanada untuk China," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan dilansir The National.

Trudeau mengatakan Jim Nickel, wakil kepala misi di Kedutaan Besar Kanada di Beijing, akan mewakili pemerintahnya di China. Dia berterima kasih kepada McCallum, seorang mantan menteri di kabinet Trudeau, selama 20 tahun pelayanan publik.

China menahan dua orang Kanada tak lama setelah penangkapan Meng dalam upaya nyata untuk menekan Kanada agar membebaskannya. Sebuah pengadilan Tiongkok juga menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang Kanada dalam sidang ulang mendadak kasus narkoba, membatalkan hukuman penjara 15 tahun yang dijatuhkan sebelumnya.

McCallum mengatakan kepada media China di wilayah Toronto awal minggu ini bahwa ekstradisi Meng ke Amerika Serikat tidak akan menjadi hasil yang membahagiakan.

Dia menyarankan kasus itu bermotif politik dan mengatakan AS dapat membuat kesepakatan perdagangan dengan China di mana ia tidak akan lagi mencari ekstradisi, dan dua orang Kanada yang ditahan di Tiongkok kemudian dapat dibebaskan.

Tetapi pada hari Kamis McCallum berjalan kembali pernyataan dan mengatakan dia salah bicara.

Trudeau sebelumnya menolak panggilan untuk memecat McCallum, tetapi dia jelas sudah cukup setelah utusan itu berbicara lagi. Trudeau dan menteri luar negeri Chrystia Freeland telah menekankan bahwa pemerintah Kanada tidak dapat campur tangan secara politis dalam kasus ini.

Pemimpin Partai Konservatif oposisi, Andrew Scheer, mengatakan McCallum seharusnya dipecat beberapa hari yang lalu karena pernyataannya menimbulkan kekhawatiran tentang politisasi kasus Meng.

Scheer mengatakan, McCallum menyebabkan kerusakan reputasi Kanada dengan mengirimkan pesan yang berbeda melalui media yang berbeda pada hari yang berbeda.

Pernyataan McCallum mengejutkan banyak orang dan memicu spekulasi bahwa Kanada mungkin mencoba mengirim sinyal ke China untuk mengurangi ketegangan.

Setahun yang lalu, McCallum juga membuat komentar kontroversial tentang bagaimana Kanada memiliki lebih banyak kesamaan dengan Cina daripada Amerika Serikat di bawah Donald Trump.

Guy Saint-Jacques, mantan duta besar Kanada untuk China, mengatakan dia merasa sedih untuk McCallum tetapi mengatakan itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

"Yang lebih buruk adalah ini terjadi di tengah krisis ketika kita membutuhkan semua tangan di atas geladak," kata Saint-Jacques.

Dia mengatakan orang China sekarang akan tahu bahwa McCallum tidak berbicara untuk pemerintah Kanada.

Roland Paris, mantan penasihat kebijakan luar negeri untuk Trudeau, mengatakan, "Pernyataan McCallum terus menimbulkan kebingungan tentang posisi Kanada. Mengenai masalah pentingnya ini, pemerintah Kanada harus berbicara dengan satu suara yang jelas. "

Robert Bothwell, seorang profesor di Universitas Toronto, mengatakan bukan tugas seorang duta besar untuk berbicara secara bergiliran.

“Tentu saja, McCallum jelas dapat berlindung dengan berargumen bahwa apa yang dia katakan sebagian besar benar, tetapi dia tidak dapat melarikan diri dari kenyataan bahwa itu bukan tugasnya untuk mengatakannya. Itu menggarisbawahi bahaya mengirim politisi untuk melakukan pekerjaan diplomat, ”kata Bothwell.

Saint-Jacques mengatakan dia berbicara dengan konsul jenderal China di Montreal pada hari Kamis yang melaporkan bahwa China sangat marah pada Kanada karena menangkap Meng atas nama AS, yang terlibat dalam pembicaraan perdagangan dengan China.

Saint-Jacques mengatakan konsul jenderal mengatakan kepadanya bahwa menurutnya delegasi Kanada harus mengunjungi Beijing untuk mengadakan pembicaraan. Saint-Jacques percaya Kanada harus menunjuk utusan khusus untuk mencoba menyelesaikan krisis.

Trudeau dan Freeland menekankan bahwa Kanada memiliki perjanjian ekstradisi dengan AS yang harus dihormati.

Meng keluar dengan jaminan di Vancouver menunggu proses ekstradisi. AS memiliki waktu hingga Rabu untuk menyerahkan dokumen untuk permintaan ekstradisi.

Huawei memiliki hubungan dekat dengan militer China dan dianggap sebagai salah satu perusahaan internasional paling sukses di negara itu.

KEYWORD :

PM Trudeau Dubes Kanada China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :