Sabtu, 20/04/2024 14:58 WIB

Inggris Siap Bantu Arab Saudi

Kasus pembunuhan Jamal Khashoggi dan perang Yaman telah merusak reputasi Arab Saudi.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Jehan Alfarra / Middle East Montitor)

London - Ketua BAE Systems, Roger Carr mengatakan, kasus pembunuhan Jamal Khashoggi dan perang Yaman telah merusak reputasi Arab Saudi. Namun kata dia, Inggirs dapat membantu Negeri Petro Dolar itu.

Kematian Khashoggi, kolumnis Washington Post dan kritikus penguasa de facto Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, memicu kemarahan global dan berubah menjadi krisis bagi eksportir minyak top dunia dan sekutu strategis Barat.

Hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang aktivitas bisnis Barat di kerajaan tempat BAE, perusahaan pertahanan terbesar Inggris, dan mitranya saat ini terlibat dalam kesepakatan multi-miliar pound untuk menjual pesawat tempur Topan.

"Arab Saudi adalah negara yang berkembang sangat baik di bawah kepemimpinan baru - rasa liberalisasi, membuka negara, membuka peluang bagi perempuan. Semua hal ini diterima dengan sangat baik," kata Ketua Carr kepada Sky News.

"Dua masalah merusak posisi Arab Saudi di mata dunia - perselingkuhan Khashoggi adalah salah satunya dan juga perang di Yaman," lanjutnya.

"Tentang Khashoggi, kita telah melihat bahwa para politisi menegur Arab Saudi. Politisi tidak percaya cara yang dilakukan dan ditangani sudah tepat atau dapat diterima dan itu benar," kata Carr.

"Apa yang ingin kita lihat, dengan menjadi teman yang konsisten dan kritis, adalah bahwa Arab Saudi, perlu kembali ke jalur yang dulu dan berkembang seperti itu," jelasnya.

Riyadh sedang mengejar rencana untuk mendiversifikasi ekonomi terbesar dunia Arab itu dari ketergantungan pada pendapatan minyak mentah, sebagian dengan menarik peningkatan jumlah investasi asing.

Yaman, salah satu negara Arab termiskin, terkunci dalam perang hampir empat tahun yang mengadu pemberontak Houthi yang sejajar dengan Iran melawan pemerintah yang didukung Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Barat.

Di Yaman, Carr mengatakan, "Keterlibatan kami dengan Arab Saudi membantu kami membawa mereka ke titik di mana perang yang, bagi mereka, perang defensif adalah sesuatu yang mereka semua akui sebagai sesuatu yang perlu dibawa ke kesimpulan sebagai secepatnya."

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :