Kamis, 18/04/2024 10:39 WIB

Runtuhnya Bendungan Bikin Ratusan Warga Brasil Hilang

Sedikitnya 200 orang hilang setelah bendungan saluran pembuangan limbah tambang bijih besi jebol di Brasil selatan pada Jumat (25/01) waktu setempat.

ilustrasi Bendungan (foto: google)

Jakarta - Sedikitnya 200 orang hilang setelah bendungan saluran pembuangan limbah tambang bijih besi jebol di Brasil selatan pada Jumat (25/01) waktu setempat.

Menurut media setempat, Correio Do Povo, jebolnya bendungan membuat aliran sungai lumpur yang deras. Tujuh orang ditemukan tewas di kota Brumadinho di negara bagian Minas Gerais setelah kecelakaan tersebut.

Menurut perusahaan pemilik tambang, Brasil Vale SA, limbah tambang dari bendungan telah mencemari banyak pemukiman dan upaya evakuasi sedang berlangsung.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan di Twitter, ia akan mengirim kepala pertahanan sipil, menteri pertambangan dan energi, serta menteri lingkungan hidup ke lokasi kecelakaan.

Bendungan limbah tambang lain yang dikelola oleh Vale dan BHP Billiton Australia pecah pada tahun 2015. Kejadian itu menewaskan 19 orang dan membuat ratusan orang kehilangan tempat tinggal di kota Mariana di negara bagian Minas Gerais.

KEYWORD :

Bendungan Runtuh Brazil Warga Hilang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :