Rabu, 24/04/2024 13:48 WIB

Indonesia Fashion Week 2019 Siap Digelar Maret Mendatang

Tema yang diusung dalam gelaran yang sudah memasuki tahun ke delapan ini adalah

Budaya Kalimantan akan diangkat dalam gelaran Indonesia Fashion Week tahun ini

Jakarta - Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) siap menggelar ajang tahunan fashion dan budaya Indonesia pada akhir Maret 2019. Tema yang diusung dalam gelaran yang sudah memasuki tahun ke delapan ini adalah "Cultural Values".

Presiden IFW dan Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono mengatakan seluruh desain tempat penyelenggaraan IFW 2019 hingga busana para icon model, dapat kita lihat ilustrasi perisai, flora dan fauna yang merupakan ciri khas Kalimantan, yang digunakan desainer sebagai sumber inspirasi dan imajinasi rancangan mereka, sehingga budaya Kalimantan dapat makin dikenal luas melalui hasil karya para perancang busana.

“Sebagian budaya suku-suku Kalimantan merupakan hasil adaptasi, akulturasi dan asimilasi unsur-unsur budaya dari suku-suku yang menempati wilayah Kalimantan, contohnya; sarung Samarinda, sarung tenun Pagatan, benang bintik (batik Dayak Ngaju), kain Sasirangan (Banjarmasin), khasanah budaya yang memukau inilah yang patut kita dukung bersama,” tambah Poppy.

Pada ajang ini, ratusan merek fashion lokal juga akan dipamerkan. “IFW 2019 akan mengangkat budaya Kalimantan yang amat kaya. "Belum banyak yang mengangkat
khasanah budaya Kalimantan, padahal rumpun masyarakat Kalimantan yang terdiri dari beberapa etnis utama yaitu; Melayu, Dayak, Banjar, Kutai dan Dayak Paser makin memberikan nuansa unik dari khasanah budaya Kalimantan," lanjut Poppy

Ragam kekayaan budaya Indonesia telah menjadi salah satu kontributor kunci bagi perkembangan pesat industri fashion Indonesia. Dengan mengusung khasanah warisan budaya Nusantara, IFW 2019 diyakini dapat menjadi salah satu peluang untuk mempromosikan kekayaan budaya dan wisata Indonesia ke manca negara.

Layaknya penyelenggaraan Indonesia Fashion Week dari tahun ke tahun, ajang IFW 2019 diharapkan dapat menjadi sarana promosi wisata khususnya Kalimantan melalui
industri fashion.

Gelaran ini konsisten dengan komitmen APPMI untuk terus mengembangkan dan mempromosikan kekayaan khasanah budaya Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi nasional.

Ajang ini juga mempermudah promosi budaya dalam era ekonomi global yang makin tak terbatas, upaya untuk mengangkat warisan budaya nasional menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk pelaku industri fashion. Acara ini akan digelar pada 27 - 31 Maret 2019.

Event ini juga akan dimeriahkan oleh ratusan pelaku bisnis fashion dan perancang busana dari berbagai penjuru Nusantara. Ajang fashion bergengsi yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) ini akan menggelar lebih dari 20 peragaan busana yang menampilkan desain busana terbaik dari sederet perancang busana ternama tanah air.

KEYWORD :

Indonesia Fashion Week Budaya Kalimantan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :