Jum'at, 21/06/2019 04:19 WIB

Siti "Gadis Banten" Ini Berpeluang Dapat Keadilan di Malaysia

Dengan akses keterangan saksi, berarti Siti Aisyah memunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan keadilan.

Siti Aisyah, tersangka asal Indonesia yang diduga terlibat dalam pembunuhan Kim Jong nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara (Foto: Reuters/Lai Seng Sin)

Jakarta - Siti Aisyah, perempuan warga Indonesia yang sedang menjalani proses hukum di Malaysia, masih bisa mendapat keadilan. Pasalnya, Pengadilan Banding setempat mengabulkan permintaan kuasa hukum untuk mengakses keterangan para saksi.

"Jika kami diizinkan melihat keterangan (saksi), maka kami bisa bisa mengharapkan datangnya keadilan," ujar pengacara Aisyah, Gooi Soon Seng dilansir Reuter.

Siti Aisyah warga Indonesia berdomisili di Banten ini sudah dua tahun menjalani proses hukum. Dugaannya, terkait tewasnya Kim Jong Nam yang dikenal sebagai saudara tiri dari ayah Pemimpin Tertinggi Korea Utara yang saat ini berkuasa, Kim Jong un.

Dengan akses keterangan saksi, berarti Siti Aisyah memunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan keadilan."Jika tidak, di mana lagi kami harus mencari keadilan?" ujar Gooi Soon Seng.

Dalam kasus tersebut, tujuh orang yang kesaksiannya direkam di hadapan penyidik. Keterangan mereka itulah yang  dijadikan bukti tertulis yang dianggap esensial. Namun hingga saat ini tidak pernah dibuka dalam sidang. Menurut jaksa penuntut, dokumen tersebut bakal dibuka sekitar dua pekan lagi.

TAGS : Siti Aisyah Kim Jong Nam Kim Jong un Pengadilan Malaysia




TERPOPULER :