Jum'at, 26/04/2024 04:25 WIB

Larangan Trump Sampaikan Pidato Kenegaraan

Dewan Perwakilan Rakyat tidak akan mempertimbangkan resolusi yang mengesahkan pidato sampai pemerintahan dibuka kembali, kata Nancy Pelosi

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

Washington - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat  Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi melarang Trump untuk menyampaikan pidato kenegaraan yang akan berlangsung di House of Chamber, hingga pemerintahan dibuka kembali.

Surat yang ditulis Pelosi dipublikasikan beberapa jam setelah Trump mengirim surat serupa kepada sang Ketua DPR, yang mengatakan, akan tetap menyampaikan pidatonya, meskipun ada kekhawatiran soal keamanan karena penutupan sebagian lembaga pemerintahan.

Dilansir dari Anadolu, ketika diberi tahu Nancy Pelosi menolak surat pidato soal rencana pidatonya, pasangan Melania itu mengatakan tidak terkejut. "Benar-benar memalukan apa yang terjadi dengan Demokrat. Mereka menjadi radikal," tegasnya.

Trump mengklaim bahwa Nancy Pelosi melarang pidato kenegaraan karena dia tidak ingin mendengar kebenaran. "Dia takut pada Demokrat sayap kiri, Demokrat radikal. Apa yang terjadi di partai itu mengejutkan," tambahnya.

Perselisihan soal pidato merupakan konflik terbaru dari keretakan politik antara kedua pemimpin atas penutupan lembaga pemerintah, yang disebabkan oleh ketidaksepakatan yang jelas tentang pendanaan tembok perbatasan Trump.

Rabu lalu, Pelosi meminta Trump untuk menunda pidatonya yang dijadwalkan pada 29 Januari, mengutip dugaan tantangan keamanan yang ditimbulkan oleh penutupan sebagian lembaga pemerintah yang sedang berlangsung.

Trump menanggapi permintaan Pelosi dengan menangguhkan perjalanan internasional yang direncanakan oleh sang ketua DPR ke Brussels, Mesir dan Afghanistan.

Selama lebih dari satu bulan penutupan, lebih dari 800.000 karyawan federal masih bekerja tanpa bayaran jika tugas mereka dianggap penting, atau dirumahkan karena masalah pendanaan.

Trump menegaskan, anggota parlemen harus memberinya dana sebesar hampir USD6 miliar untuk mendanai pembangunan tembok pemisah di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, tetapi sejauh ini Partai Demokrat kompak menolak permintaan tersebut.

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat Pidato Kebangsaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :