Jum'at, 26/04/2024 06:02 WIB

Lakukan Selebrasi Buat Pemain Qatar Ini Dikecam

Para pecinta sepakbola Irak meluapkan kemarahan mereka ke media sosial setelah pemain Qatar asal Irak mencetak gol kemenangan melawan

Bek Qatar Bassam Al Rawi (kiri) merayakan golnya selama pertandingan sepak bola Piala Asia AFC 2019 babak 16 besar antara Qatar dan Irak pada 22 Januari 2019. AFP

Jakarta - Para pecinta sepakbola Irak meluapkan kemarahan mereka ke media sosial setelah pemain Qatar asal Irak mencetak gol kemenangan melawan "Lions of Mesopotamia" pada perhelatan Piala Asia.

Bassam Al Rawi, yang merupakan putra mantan internasional Irak Hisham Al Rawi, dikecam karena cara dia merayakan kemenangan Qatar atas negara asalnya, yang membuat ribuan warga Irak hancur dan menangis.

Penggemar Irak di Al Nayhan Satadium di Abu Dhabi tertegun setelah tendangan bebas babak kedua Al Rawi pada Selasa malam waktu setempat.

"Anda akan menyesali momen ini selama sisa hidup Anda, bagaimana Anda bisa merayakan kemenangan melawan negara Anda sendiri?" tulis Dima Khathim, seorang warga Irak yang tinggal di New York mengatakan di Twitter dikutip The National.

Para warga tersebut mengamuk bukan karena hasilnya yang memastikan tempat Qatar di perempat final melawan Korea Selatan dengan kemenangan 1-0, melainkan selebrasi berlebih Bassam di depan warga Irak, yang notabennya tempat lahir pria tersebut.

"Tujuan pemain Irak yang memiliki kewarganegaraan Qatar tidak mengherankan, tetapi cara dia merayakan kekalahan di depan ribuan penggemar Irak adalah yang salah," kata Hassan Ali, seorang warga Irak yang tinggal di London di Twitter.

Kegagalan Irak berarti akan meninggalkan turnamen sebelum perempat final untuk pertama kalinya sejak 1972.

Namun tidak ada momen yang membosankan di stadion saat kerumunan 14.000 orang bersorak di tim Irak sepanjang pertandingan 90 menit.

“Ini sangat menyakitkan! Tapi ini adalah contoh utama ketika suatu negara tidak bisa mempertahankan bakatnya. Sumber daya Irak yang paling penting adalah sumber daya manusianya dan bukan minyak, ”kata Dina Al Shibeed, seorang jurnalis Irak.

Namun, tidak semua orang di media sosial mengkritik Al Rawi, dengan satu pengguna Twitter menggambarkan keributan atas perayaannya sebagai tindakan yang konyol.

“Dalam waktu lima puluh tahun akan ada pemain asal Irak bermain untuk negara lain dan mereka akan mencetak gol melawan Irak dan akan merayakan. Sangat menjijikkan bahwa beberapa orang memanggilnya dengan pengkhianat, ”kata Ayad.

Pertempuran puluhan tahun dan pertempuran baru-baru ini melawan ISIS telah menghancurkan banyak ruang publik Irak, termasuk lapangan olahraga.

Sepak bola menjadi prioritas utama pemerintah, dan kurangnya dana telah menghambat prospek Irak dan prestasi para atletnya.

"Baghdad harus membantu otoritas olahraga negara itu karena ini adalah masalah kebanggaan nasional dan itu akan menyatukan orang-orang," Bilal Mahmood, warga Irak yang tinggal di Baghdad.

KEYWORD :

Pemain Qatar Irak Piala Asia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :