Kamis, 25/04/2024 02:21 WIB

Pemimpin Proyek Yamaha Mengundurkan Diri

Pemimpin proyek MotoGP Yamaha Kouji Tsuya mengundurkan diri dari perannya menjelang musim 2019 pada Selasa (22/01). Tsuya akan digantikan oleh Takahiro Sumi

Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales (foto: Autosport)

Jakarta - Pemimpin proyek MotoGP Yamaha Kouji Tsuya mengundurkan diri dari perannya menjelang musim 2019 pada Selasa (22/01). Tsuya akan digantikan oleh Takahiro Sumi, yang hingga kini menjadi kepala divisi sasis Yamaha.

Ini mengikuti musim sub-par lain untuk tim Yamaha MotoGP, yang hanya mencetak satu kemenangan pada tahun 2018, milik Maverick Vinales di Phillip Island, dan merosot ke posisi ketiga dalam klasemen pabrikan di belakang Ducati.

Titik akhir dari kampanye ini datang di Austria, di mana Tsuya dipaksa untuk membuat permintaan maaf publik atas nama Vinales dan Valentino Rossi setelah keduanya tidak mampu menembus 10 besar dalam kualifikasi.

Tsuya menjadi kepala teknis Yamaha pada tahun 2017, menggantikan Kouichi Tsuji, tetapi masa jabatannya ditandai dengan hasil yang mengecewakan sehubungan dengan rival Honda dan Ducati.

Dilansir Autosport, Yamaha mengalami hasil terburuknya selama 25 balapan di kelas primer sebelum kemenangan tunggal Vinales tahun lalu.

Dengan mengganti Tsuya dengan Sumi, Yamaha berharap untuk menciptakan kembali kepemimpinan kepala masa lalu Masao Furusawa dan Masahiko Nakajima yang menghasilkan tujuh gelar MotoGP bersama Rossi dan Jorge Lorenzo.

Ini akan merubah warna 2019, yang diharapkan akan sangat dipengaruhi oleh sponsor judul baru Monster Energy di acara peluncuran di Jakarta pada 4 Februari, sebelum pengujian pra-musim dilanjutkan di Sepang.

Fokus Yamaha adalah memperbaiki mesin spesifikasi baru, yang merupakan akar masalahnya tahun lalu.

KEYWORD :

Proyek Yamaha Kouji Tsuya Kelas MotoGP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :