Sabtu, 20/04/2024 02:51 WIB

Tim Howard Pensiun Tahun Ini

Mantan kiper Amerika Serikat Tim Howard mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia sepakbola setelah musim 2019 di Major League Soccer bersama Colorado Rapids.

Mantan kiper AS Tim Howard (foto: AFP)

Jakarta - Mantan kiper Amerika Serikat Tim Howard mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia sepakbola setelah musim 2019 di Major League Soccer bersama Colorado Rapids.

Mantan pemain Manchester United dan Everton yang berusia 39 tahun itu mengkonfirmasi keputusannya untuk menggantungkan sarung tangannya dalam sebuah pernyataan di Twitter.

"Saya sangat menantikan untuk memulai musim MLS 2019, karena ini akan menjadi terakhir untuk saya," tulis Howard dilansir AFP.

"Akan ada banyak waktu untuk sentimen nanti. Untuk saat ini, aku akan menikmati setiap menit. Dan seperti yang selalu kulakukan, bersaing keras dan membantu memimpin Rapids dengan satu-satunya tujuan menang," tambahnya.

Howard adalah penjaga gawang paling lama dalam sejarah tim nasional AS dengan 121 penampilan.

Dia adalah anggota kunci tim AS yang berjuang keluar dari grup neraka di Piala Dunia 2014 di Brasil, dan menghasilkan salah satu penampilan kiper terbaik dalam kekalahan 16 besar dari Belgia, membuat 15 penyelamatan untuk membantu mengambil alih game ke waktu tambahan.

Howard pensiun dari tugas internasional setelah kegagalan Amerika Serikat untuk lolos ke Piala Dunia 2018, ketika tim itu menderita kekalahan mengejutkan dari Trinidad dan Tobago dalam pertandingan kualifikasi terakhir.

Di level klub, Howard menikmati karir yang sukses di Liga Premier Inggris, bergabung dengan Manchester United dari MetroStars pada 2003 silam.

Dia kemudian bergabung dengan Everton dengan status pinjaman selama 2006-2007, sebuah kesepakatan yang akhirnya menjadi permanen. Dia bermain sembilan musim di Goodison Park.

Ia menjafi sorotan di Merseyside saat mencetak gol karir pertamanya pada Januari 2012, dalam kekalahan 2-1 dari Bolton.

KEYWORD :

Tim Howard Kiper AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :