Senin, 18/02/2019 11:31 WIB

Yuk Simak Enam Cara Cegah Penuaan Dini

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau menghentikan proses penuaan yang perlu diketahui.

Seringkali rutinitas merawat kulit menjadi terlewatkan, padahal jika biasakan efeknya baik untuk kulit wajah (Ilustrasi foto: Istockphoto/Ridofranz)

Jakarta - Proses penuaan pasti akan terjadi pada setiap orang. Namun proses penuaan tersebut dapat diperlambat dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kolagen dan antioksidan yang tinggi.

Bagi Anda yang sudah menyetujui di atas 20 tahun harus mengonsumsi sekitar 1.000 mg hingga 5.000 mg setiap hari. Karena kolagen merupakan salah satu jenis protein terbesar yaitu kurang lebih 30 persen pada tubuh dan 70 persen pada kulit.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau menghentikan proses penuaan yang perlu diketahui:

1. Kenali faktor internal dan eksternal penuaan

Faktor internal penyebab penuaan adalah hormon, genetik dan ras yang berbeda-beda setiap individu. Selama bertambahnya jumlah usia kolagen sekitar 1 persen hingga 2 persen per tahun tergantung gaya hidup atau kebiasaan.

Faktor eksternal antara lain paparan sinar matahari atau radiasi ultraviolet (UV), polusi udara, kebiasaan tidak sehat seperti makanan siap saji, berbahan pengawet, zat perwarna dan stres.

2. Mengonsumsi sumber kolagen dan antioksidan

Untuk menghindari proses penuaan dengan mudah Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, prolin dan tembaga. Diantaranya seperti putih telur, kacang, ikan, macam-macam beri, jeruk, keju, daging, brokoli, kol, labu, wortel, tomat, dan lain-lain.

3. Minum yang cukup

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih secukupnya. Manusia diharuskan mengonsumsi sekitar 2 liter setiap hari.

4. Bebas polusi atau rokok

Asap rokok bebas polusi dan mengeringkan kulit. Selain bagi Anda perokok aktif, segera dan isi pada rokok yang terhisap ke dalam tubuh dapat mempercepat proses penuaan kulit.

5. Berolahraga

Olahraga harus dilakukan secara teratur, lakukanlah olahraga ringan seperti jalan cepat, jogging, lari, berlari dan lain-lain. Olahraga teratur dan terus menerus minimal 30 menit dalam sehari dapat meningkatkan nutrisi masuk ke dalam tubuh sehingga proses penuaan pun dapat diperlambat.

6. Tidur yang cukup

Kebiasaan bergadang yang terus-menerus selain membuat elastisitas kulit cepat berkurang juga bisa mempercepat proses penuaan. Menginap 7 jam sampai 8 jam setiap hari.

TAGS : Penuaan Dini Perawatan Kulit




TERPOPULER :