Jum'at, 26/04/2024 04:00 WIB

Uni Eropa Diminta Punya Aturan Tegas soal Migran Ilegal

Sebelumnya, salah satu kapal terbalik di Libya, sementara yang lainnya hilang di dekat Maroko.

Imigran dari Afrika tiba pantai Spanyol (Foto: Elpais.com)

Madrid - Menteri pertahanan Italia, Elisabetta Trenta, mengkritik Uni Eropa (UE) setelah 170 migran yang menumpang dua perahu dikhawatirkan mati tenggelam di Laut Tengah.

"UE tidak bisa lagi tinggal diam menyaksikan semua ini," kata Trenta lewat akun Twitter miliknya pada Sabtu malam, dilansir dari Anadolu.

Sebelumnya, salah satu kapal terbalik di Libya, sementara yang lainnya hilang di dekat Maroko. Badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan sangat sedih atas insiden itu, dan menambahkan bahwa mereka belum memverifikasi jumlah korban jiwa.

Kepala Senat Italia Maria Elisabetta Casellati mengatakan bahwa mereka tak ingin banyak orang tak berdosa meninggal dunia.

"Laut Tengah seharusnya menjadi lautan perdamaian, bukan kuburan massal," kata Trenta.

Presiden Italia, Sergio Mattarella juga menyatakan kesedihan yang amat mendalam atas tragedi yang terjadi di Laut Tengah.

Pada Sabtu, badan amal Sea Watch mengatakan pihaknya telah menyelamatkan sekitar 47 orang - termasuk delapan anak di bawah umur - dari perahu karet di Libya.

Selama misa Minggu, Paus Fransiskus turut menyatakan dukacita dan mengajak para jemaat untuk mendoakan para korban yang tenggelam.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) memperkirakan bahwa tahun lalu lebih dari 2.200 migran tewas atau hilang saat mencoba menyeberangi Laut Tengah.

KEYWORD :

Imigran Ilegal Uni Eropa Laut Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :