Sabtu, 23/02/2019 22:06 WIB

Hati-hati, Jakarta Terancam Waspada Demam Berdarah

Untuk saat ini, langkah yang harus dilakukan adalah menyerbarluaskan informasi kemasyarakat menggunakan media komunikasi, informasi, dan edukasi.

Pengasapan rumah untuk antisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD)

Jakarta - Hati-hati. Berdasarkan data prediksi probabilitas kesesuaian kelembaban udara di lima wilayah DKI Jakarta, maka diprediksi akan insidensi Demam Berdarah Dengue (DBD) akan masuk kategori waspada pada bulan Februari dan Maret 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti. "Sedangkan pada Januari yang masuk dalam kategori waspada terdapat di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur," ujarnya.

Bahkan, menurutnya, DBD diprediksi akan meningkat beberapa hari atau minggu mendatang setelah musim hujan. Sehingga, perlu meningkatkat kewaspadaan sejak dini.

Dipaparkannya, kasus DBD DKI Jakarta pada tahun 2018 tercatat 2.947 kasus dengan dua kematian. Wilayah tertinggi adalah Kepulauan Seribu dan disusuk kemudian Jakarta Barat.

Untuk saat ini, langkah yang harus dilakukan adalah menyerbarluaskan informasi kemasyarakat menggunakan media komunikasi, informasi, dan edukasi. Atau juga media sosial terkait waspadai DBD.

"Perlu melakukan upaya pengendalian DBD dengan kegiatan peningkatan PSN 3 M, yaitu menguras, menutup, mendaur ulang tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD," ujarnya.

TAGS : Pengasapan Nyamuk Demam Berdarah Dengue Kesehatan




TERPOPULER :