Minggu, 25/08/2019 02:02 WIB

Trump akan Umumkan Kejutan dari Gedung Putih

Pembangunan tembok perbatan merupakan dalang utama perselisihan antara pemimpin Republik dan Demokrat, yang mengontrol Dewan Perwakilan Rakyat.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Foto: IRNA)

Washinton - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, akan membuat pengumuman besar pada pukul 20:00 GMT pada Sabtu waktu setempat ihwal usulan pembangunan tembok di perbatasan AS dengan Meksiko.

"Aku akan membuat pengumuman besar tentang Krisis Kemanusiaan di Perbatasan Selatan kita, dan Shutdown, besok sore pukul 3 P.M, langsung dari @WhiteHouse," kata Trump lewat akun Twitternya pada Jumat (181) malam waktu setempat.

Pembangunan tembok perbatan merupakan dalang utama perselisihan antara pemimpin Republik dan Demokrat, yang mengontrol Dewan Perwakilan Rakyat. Konflik itu berujung pada  penutupan sebagian pemerintah yang sudah memasuki minggu ke empat.

Presiden Trump menginginkan tanda dana sebesar USD5,7 miliar atau sekitar Rp106,1 triliun dari Kongres untuk mendanai tembok perbatasan AS-Meksiko tetapi Demokrat menolak permintaan itu.

Sebagai tanggapan, Trump  menolak menyetujui undang-undang untuk mengembalikan dana kepada sekitar seperempat dari pemerintah federal, yang mengakibatkan hingga 800.000 karyawan tidak dibayar.

DPR sudah berinisiatif mengeluarkan dana pengeluaran jangka pendek untuk mengakhiri penutupan dan membuka kembali pemerintah, tetapi Pemimpin Mayoritas Senat Republik Mitch McConnell enggan memberikan menyerahkan suaranya.

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat Tembok Perbatasan




TERPOPULER :