Rabu, 24/04/2024 05:36 WIB

KKN Kebencanaan Mulai Digelar Tahun Ini

Upaya tersebut merupakan implementasi mitigasi bencana di lembaga pendidikan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (Foto: Muti/Jurnas)

Pontianak – Pemerintah akan meluncurkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebencanaan pada tahun ini. Upaya tersebut merupakan implementasi mitigasi bencana di lembaga pendidikan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

“Kami akan masukkan KKN kebencanaan, untuk bisa mengedukasi masyarakat agar memahami kebencanaan. Ini mulai berlaku 2019,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir pada Jumat (18/1) di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.

Sebelum KKN Kebencanaan diterapkan, Nasir mengatakan sudah ada program studi mitigasi bencana di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN), antara lain Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh, Universitas Bung Hatta di Padang, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Adapun di luar itu, Kemristekdikti akan menggandeng forum perguruan tinggi untuk berkoordinasi tentang peduli bencana.

Menurut Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemristekdikti Prof. Ismunandar, setidaknya perguruan tinggi harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam kaitannya kesiapsiagaan bencana.

“Selama ini ketika terjadi bencana kampus malah kerusakannya lebih parah. Yang seperti itu jangan sampai terjadi lagi,” tegas Ismunandar.

KEYWORD :

KKN Kebencanaan Menristekdikti Mohamad Nasir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :