Rabu, 24/04/2024 09:13 WIB

Jerman Desak Inggris Kembali ke UE

Para pemimpin Jerman mendesak Inggris untuk membatalkan Brexit dan tetap berada di UE, dengan alasan bahwa belum terlambat bagi Inggris untuk berubah pikiran.
 

Perdana Menteri Inggris Theresa May (R) dan Kanselir Jerman Angela Merkel (Foto: Tehran Time)

Jakarta - Para pemimpin Jerman mendesak Inggris untuk membatalkan Brexit dan tetap berada di UE, dengan alasan bahwa belum terlambat bagi Inggris untuk berubah pikiran.

Dalam surat yang diterbitkan dalam The Times of London pada Jumat, tokoh-tokoh berpengaruh, termasuk Annegret Kramp-Karrenbauer, penerus Kanselir Angela Merkel, mengingatkan Inggris tentang ikatan khusus yang dimiliki oleh kedua negara dan bahwa Inggrislah yang memainkan peran utama peran dalam membangun kembali Jerman setelah Perang Dunia II.

"Tanpa bangsamu yang agung, benua ini tidak akan menjadi seperti sekarang ini: komunitas yang ditentukan oleh kebebasan dan kemakmuran," bunyi awal surat itu dilansir aa, Jumat (18/01).

“Setelah kengerian Perang Dunia Kedua, Inggris tidak menyerah pada kita. Itu telah menyambut Jerman kembali sebagai negara berdaulat dan kekuatan Eropa. Kita ini, sebagai orang Jerman, tidak lupa dan kita bersyukur, ”tambahnya.

Kramp-Karrenbauer, ketua baru Uni Demokrat Kristen Merkel, adalah politisi Jerman paling senior yang secara terbuka mengimbau Inggris untuk meninggalkan Brexit, bergabung dengan dua lusin tokoh berpengaruh dari politik, bisnis, dan seni untuk mengumumkan kampanye lintas partai untuk membujuk Inggris agar tetap diam.

Surat itu berpendapat belum terlambat bagi Inggris untuk membalikkan kekacauan dan anarki yang telah mendominasi politik Inggris dalam dua setengah tahun sejak referendum Brexit 2016.

“Warga Inggris harus sama-sama tahu bahwa kami percaya bahwa tidak ada pilihan yang tidak dapat diubah. Pintu kami akan selalu tetap terbuka: Eropa adalah rumah,” kata para pemimpin.

“Kami akan merindukan Inggris sebagai bagian dari Uni Eropa, terutama di masa-masa sulit ini. Karena itu orang Inggris harus tahu: dari lubuk hati kita, kita ingin mereka tetap tinggal. ”

Kramp-Karrenbauer juga memperingatkan bahwa kepergian tanpa kesepakatan dari UE adalah solusi terburuk bagi London jika mereka gagal mengajukan proposal konstruktif terhadap krisis.

Pada Kamis, Menteri Kehakiman Jerman Kararina Barley mengatakan referendum kedua adalah solusi logis untuk memecah kebuntuan Brexit, dengan alasan bahwa itu telah tumbuh lebih mungkin sejak kesepakatan Perdana Menteri Theresa May ditolak.

Setelah kekalahan bersejarah pada hari Selasa ketika parlemen yang sangat banyak menolak kesepakatan Brexit, May akan menyampaikan Rencana B pada 29 Januari menjelang pemungutan suara baru.

Menurut sebuah jajak pendapat baru, 56 persen pemilih Inggris mengatakan mereka akan memilih untuk tetap di UE, memberikan Remain memimpin 12 poin, yang terbesar sejak referendum 2016.

KEYWORD :

Uni Eropa Inggris Kesepakatan Brexit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :