Kamis, 25/04/2024 08:01 WIB

Nasib Forum Ekonomi Davos Dijauhi Pemimpin Dunia

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, memutuskan tidak hadir dalam acara tahunan tersebut, karena bergulat dengan polemik penutupan kantor pemerintah di negaranya.

World Economic Forum (Foto: Shutterstock)

Milan – Serangkaian krisis ekonomi global diperkirakan menjadi penyebab beberapa pemimpin dunia menjauh dari Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) di Davos, Swiss pada 22-25 Januari mendatang.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, memutuskan tidak hadir dalam acara tahunan tersebut, karena bergulat dengan polemik penutupan kantor pemerintah di negaranya.

Trump mengutus menteri keuangannya, Steve Mnuchin dan Sekretaris Negara Mike Pompeo untuk memimpin Tim AS menurut dua pejabat administrasi senior.

Keputusan senada juga diambil oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Macron menyatakan absen dari WEF 2019, karena sedang berupaya menghadapi protes `rompi kuning`. Sementara PM Inggris berjuang mencapai konsensus Brexit.

Di luar negara G7, pemimpin Rusia dan India menghindari Forum Davos. Presiden China, Xi Jinping yang rutin hadir sejak 2017 lalu, mengirimkan wakilnya.

“Davos akan didominasi oleh tingkat kecemasan yang tinggi tentang pasar saham, perlamatan pertumbuh dan politik internasional,” ujar Kepala Ekonomi Nariman Behravesh di HIS Markit.

Diketahui, sekitar 3.000 tokoh bisnis, pemerintah, dan masyarakat sipil akan berkumpul di resor ski di Davos, Swiss pada pekan mendatang. Namun pertemuan itu hanya akan dihadiri oleh tiga pemimpin negara, yakni Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte.

KEYWORD :

Forum Ekonomi Dunia Davos Swiss




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :