Kamis, 25/04/2024 22:18 WIB

Terungkap, Saturnus Terbentuk Tanpa Cincin

Penelitian NASA terbaru menemukan bahwa cincin Planet Saturnus baru berusia 10 hingga 100 juta tahun.

Planet Saturnus (Foto: AFP)

Jakarta – Penelitian NASA terbaru menemukan bahwa cincin Planet Saturnus baru berusia 10 hingga 100 juta tahun. Artinya, planet cantik tersebut pada awalnya tidak memiliki cincin, sejak terbentuk 4,5 miliar tahun lalu.

Dilansir dari AFP, para astronom sudah lama meyakini bahwa cincin Saturnus masih muda. Kemungkinan cincin itu terbentuk oleh tabrakan antar satelit-satelit Saturnus, atau sebuah komet yang hancur di dekat planet tersebut.

Pesawat tanpa awak NASA, Cassini, yang diluncurkan pada 1997 silam telah melakukan 22 kali orbit, berputar antara Saturnus dan cincinya.

Dengan mempelajari bagaimana jalur penerbangan Cassini dibelokkan oleh gravitasi cincin, para ilmuwa menyimpulkan massa cincin dan perkiraan usia.

“Hanya dengan mendekati Saturnus dalam orbit akhir Cassini kami dapat mengumpulkan pengukuran untuk penemuan terbaru,” terang peneliti utama dari Universitas Sapienza University of Rome.

“Memahami usia dan massa cincin adalah tujuan mendasar misi ini,” imbuhnya.

Studi ini tidak menyelidiki pertanyaan dari mana cincin itu berasal, tetapi mendukung teori-teori seperti komet atau tabrakan bulan.

KEYWORD :

Planet Saturnus Seputar Astronomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :