Rabu, 24/04/2024 01:34 WIB

Beras Termahal Dunia Diduduki Jepang, Ini Posisi Indonesia

Indonesia berada di posisi ke 81 dari negara-negara dengan harga beras termahal di seluruh dunia.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersam Budi Waseso memantau pasokan dan harga pangan di Pasar Induk Keramat Jati dan Pasar Induk Beras Cipinang, Kamis (8/11)

Probolinggo - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menepis anggapan harga beras Indonesia termahal di dunia.

Itu disampaikan di sela panen jagung di Desa Randu Merak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Rabu (16/1).

Menurut data yang dirilis Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) yang bermarkas di Roma, Italia, Indonesia berada di posisi ke 81 dari negara-negara dengan harga beras termahal di seluruh dunia.

"Kita yang paling murah yaitu berada di urutan ke 81 dari sejumlah negara di dunia. Harga beras kita 12.734 per kilogram. Justru termahal diduduki Jepang yaitu Rp 57 ribu per kilogram," tukas Amran.

"Jadi jangan lagi ada polemik," tegas putra Bone, Sulawesi Selatan itu.

Mengenai produksi, tidak perlu diragukan lagi. Menurut FAO produksi beras Indonesia mencapai peringkat ke tiga di dunia setelah China dan India dengan jumlah 81,4 juta ton.

Sekedar diketahui, Pasar Beras Induk Cipinang (PIBC) harga beras medium saat ini menurun. Pedagang menjual menjual beras medium dengan kisaran harga Rp8.500 hingga Rp9.500.

Harga itu sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) beras medium yaitu Rp 9.450 yang ditetapkan pemerintah.

KEYWORD :

Jawa Timur Panen Jagung Probolinggo Harga Beras




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :