Selasa, 23/04/2024 16:11 WIB

Mau Tahu Materi Debat Pilpres Soal Korupsi, Ini Bocoran KPK

KPU akan menggelar debat perdana pasangan capres-cawapres, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Tema yang akan diusung dalam debat tersebut adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Gedung KPK

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana pasangan capres-cawapres, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Tema yang akan diusung dalam debat tersebut adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Soal kejahatan korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut tindak pidana korupsi di sektor sumber daya alam (SDA) menjadi salah satu tema perdebatan yang akan disuguhkan.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, tindak kejahatan korupsi di sektor SDA memiliki persoalan yang cukup serius di tanah air. Sektor tersebut harus menjadi perhatian pemerintah dan aparat penegak hukum.

"Karena bukan hanya kerugian negara yang kita bicarakan, tetapi juga ekosistem yang rusak, sayangnya masih belum bisa dihitung sebagai kerugian negara," kata Febri, ketika dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (16/1).

Harapannya, kata Febri, fokus tema korupsi disektor SDA dapat melahirkan kebijakan pemerintah dalam melindungi perusakan alam. "Baik di pusat atau di daerah agar tidak mengandung unsur korupsi tekait sumber daya alam," terangnya..

Selain itu, kata Febri, tema lain yang akan dikupas dalam debat nanti adalah terkait pencegahan. Termasuk memaksimalkan penerimaan negara melalui pajak, bea cukai dan penerimaan negara bukan pajak.

"Karena dengan penerimaan pajak yang maksimal inilah bisa dilakukan pembiayaan yang lebih kuat terhadap upaya reformasi birokrasi, pelayanan terhadap masyarakat serta hal-hal yang lainnya," jelasnya.

KEYWORD :

Pilpres 2019 Debat Capres Tema Korupsi KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :