Jum'at, 19/04/2024 07:21 WIB

May Kalah Telak di Parlemen Inggris, Bagaimana Nasib Brexit?

Dalam hasil akhir, May hanya memperoleh total 202 suara. Sementara 432 anggota dewan menolak rancangan Brexit yang diusungnya.

Brexit

London – Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May mengalami kekalahan telak dalam pemungutan suara terkait kesepakatan Brexit di Parlemen Inggris pada Rabu (16/1).

Dalam hasil akhir, May hanya memperoleh total 202 suara. Sementara 432 anggota dewan menolak rancangan Brexit yang diusungnya.

Kondisi ini menciptakan ketidakpastian terbaru mengenai nasib Brexit. Pasalnya, Inggris akan keluar dari Uni Eropa pada 29 Maret mendatang. Brexit tanpa kesepakatan disebut-sebut akan membuat pemimpin bisnis dan investor ketar-ketir.

Seperti diketahui, May dan Uni Eropa menyepakati Brexit dengan pengecualian regulasi di perbatasan Irlandia dan Irlandia Utara. Irlandia Utara memilih tetap berada di Uni Eropa, sementara Irlandia berada dalam kawasan Inggris.

Namun hal ini ditentang oleh parlemen. Bahkan partainya sendiri, Partai Konservatif, terbagi dua. Ada yang sepakat, ada pula yang menentang, dengan alasan pengecualian itu akan membuat Inggris tetap tunduk pada peraturan Uni Eropa tanpa batas.

KEYWORD :

Kesepakatan Brexit Theresa May




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :