Jum'at, 26/04/2024 06:07 WIB

Kaleidoskop Xpander 2018, Sukses Ekspor Perdana ke Filipina

Low MPV unggulan Mitsubishi Motors tersebut, sukses mencuri hati konsumen roda empat di Indonesia berkat total 115.000 penjualan per Desember 2018.

Mitsubishi Xpander jadi kendaraan operasional awak kabin Garuda Indonesia (Foto: Istimewa)

Jakarta – Mitsubishi Xpander menorehkan catatan apik sepanjang 2018. Selain berhasil mencatatkan penjualan total 115.000 per Desember 2018, Low MPV unggulan Mitsubishi itu juga berhasil dengan ekspor perdananya ke Filipina, yang dilepas langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, berikut kilas balik perjalanan Mitsubishi Xpander sepanjang 2018 yang dikumpulkan redaksi:

  1. Kunjungan ke Pusat Produksi Xpander

Pada 7 Februari 2018, Mitsubishi mengajak puluhan media massa, blogger dan komunitas pecinta mobil Mitsubishi mengunjungi pabrik perakitan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKI) yang terletak di kawasan industri GIIC Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi serta kesempatan pada jurnalis, blogger dan komunitas untuk melihat fasilitas dan proses produksi yang dilakukan pabrik MMKI dalam memproduksi model Xpander dan PAJERO SPORT di Indonesia.

  1. Xpander Media Test Drive

MMKSI memberikan kesempatan kepada 100 media massa nasional untuk dapat mencoba dan merasakan langsung keunggulan desain, fitur, performa dan kenyamanan Xpander. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama sepekan 4 – 10 Maret 2018, dengan tiga etape dan rute dengan rute yang beragam mulai dari perkotaan, jalan tol hingga pantai selatan jawa: Semarang - Solo, Solo – Yogyakarta dan  Yogyakarta – Semarang dengan total jarak tempuh mencapai 750km

  1. Pengumuman Hasil Uji Tabrak Xpander oleh ASEAN NCAP

Pada 13 April 2018, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan bahwa Xpander, mendapat peringkat bintang 4 dari ASEAN New Car Assesment Program (NCAP), sebagai badan independen yang menguji tingkat keselamatan kendaraan yang diproduksi massal.

Xpander menjadi MPV pertama Mitsubishi yang diuji tabrak dengan metode pengujian baru ASEAN NCAP dan secara keseluruhan model tersebut memperoleh skor 71,66 poin.

  1. IIMS 2018 (19 – 29 April 2018)

Keikutsertaan PT MMKSI dalam ajang IIMS 2018 mendulang sukses, dengan Peluncuran dua varian baru: PAJERO SPORT Rockford Fosgate Limited Edition dan TRITON Athlete. MMKSI membukukan angka pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 2.644 unit yang melampaui target awal.

  1. Ekspor Perdana Xpander Ke Filipina

Pada 25 April 2018, Mitsubishi Motors melakukan peluncuran ekspor perdana untuk model Xpander, yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko.

Xpander menjadi mobil penumpang pertama Mitsubishi Motors yang diekspor ke luar negeri dari Indonesia, dengan Filipina sebagai tujuan ekspor pertama di wilayah ASEAN

  1. GIIAS 2018

Di ajang GIIAS 2018 MMKSI memperkenalkan varian baru untuk Xpander: Varian Xpander Sport M/T dan Xpander GLS A/T. Tidak hanya itu pilihan warna baru Deep Bronze Metallic tersedia untuk varian Ultimate dan Sport yang melengkapi pilihan warna sebelumnya.

Dari sisi penjualan MMKSI raih capaian positif dan lampaui target penjualan dengan angka pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 4.509 unit yang didominasi oleh Xpander sebanyak 2.689 unit (60% total SPK).

  1. Xpander di Otobursa TUMPLEK BLEK 2018

Xpander sebagai COTY 2018 hadir dan memberikan kebahagiaan di ajang “OTOBURSA Tumplek Blek” 21-22 Juli 2018. Varian Xpander Ultmate AT hadir sebagai unit display di booth Mitsubishi Motors dan menjadi unit tes favorit pengunjung

  1. Peningkatan Produksi Xpander di Indonesia

Mitsubishi Motors mengumumkan peningkatan jumlah produksi Xpander, seiring dengan permintaan yang tinggi di Indonesia dan wilayah ASEAN. PT MMKI berencana untuk terus meningkatkan kapasitas produksi dengan target mencapai 150.000 unit di tahun fiskal 2019.

  1. Jambore Nasional Komunitas Xpander

28 September 2018 - komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC), sebagai salah satu komunitas pemilik Xpander di Indonesia merayakan hari jadinya yang pertama dengan mengadakan acara Jambore Nasional pertamanya di Salatiga, yang dihadiri lebih dari 400 anggota dari berbagai wilayah di Indonesia. Dalam kurun waktu satu tahun anggota X-MOC telah terkumpul sebanyak lebih dari 2.000 anggota

  1. Xpander Sebagai Mobil Resmi Awak Kabin Garuda Indonesia

11 Desember 2018 – MMKSI dan salah satu maskapai penerbangan terbaik Indonesia, Garuda Indonesia meresmikan seremoni serah terima unit Xpander. Sebanyak 401 unit Xpander telah dipasang stiker branding sesuai degan karakter perusahaan dan akan digunakan sebagai kendaraan operasional awak kabin Garuda Indonesia

  1. Peresmian Jalur tol Trans Jawa

20 Desember 2018 – Tiga unit Xpander dan dua unit PAJERO SPORT berpartisipasi dalam rombongan Presiden Jokowi dalam menjajal ruas tol baru dari Surabaya hingga Semarang, sebagai bagian dari proses peresmian Jalur tol Trans Jawa yang menghubungkan titik ujung barat hingga timur pulau Jawa.

  1. Mitsubishi, No.1 dalam Layanan Purna Jual (Oktober 2018)

24 Oktober 2018 – Mitsubishi Motors Indonesia melalui MMKSI dinobatkan sebagai nomer satu dalam sisi pelayanan purna jual di Indonesia, dengan berhasil meraih skor tertinggi diantara brand otomotif lainnya dalam studi Indonesia Customer Service Index 2018 yang diselenggarakan oleh J.D. Power terhadap 2.827 responden pemilik kendaraan.

  1. Mitsubishi Service Caravan

Merupakan program implemetasi dari program reguler MMC Jepang dan merupakan kali kedua program ini diselenggarakan di Indonesia. Dalam program ini, MMKSI mengundang mekanik dari Jepang maupun Indonesia untuk berinteraksi langsung dengan para konsumen dan memberikan konsultasi serta check-up gratis kendaraan Mitsubishi Motors.

Bekerjasama dengan dua diler resmi kendaraan penumpang Mitsubishi di wilayah Jabodetabek pada periode 3 – 7 November dan 7 – 12 Desember 2018. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan fasilitas dan kualitas pelayanan purna jual serta mensosialisasikan produk-produk perawatan dan genuine chemical dari Mitsubishi Motors. 

  1. Jaringan Diler Resmi Mitsubishi Motors di Indonesia

Dengan peluncuran model strategis Xpander, MMKSI terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik dengan jangkauan lebih luas yang dapat memudahkan konsumen. Saat ini, terdapat 123 outlet jaringan diler resmi kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia yang siap memberikan layanan penjualan, hingga purna jual dan suku cadang.

Hingga akhir Maret 2019 direncanakan total 143 jaringan diler kendaraan penumpang Mitsubishi siap beroperasi di Indonesia.

KEYWORD :

Mitsubishi Xpander




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :